Gus Halim: Desa Ujung Tombak Ketahanan Pangan Nasional

  • 30 April 2024 23:10:24
  • Views: 4

| Selasa, 30/04/2024 20:25 WIB

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan, desa merupakan ujung tombak ketahanan pangan nasional. Menurutnya, ketahanan pangan di tingkat desa akan berdampak pada ketahanan pangan nasional.

"Kika ketahanan pangan di desa-desa bagus, akan berdampak pada meningkatnya ketahanan pangan Indonesia,” kata Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengisi Lokakarya Ketahanan Pangan berbasis Potensi Desa di Desa Air Mesu, Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, Senin (29/4/2024).

Menurut Gus Halim-sapaan akrabnya, manajemen ketahanan pangan yang paling mudah itu dilakukan pada level desa. Hal itu karena level desa datanya pasti data mikro, bukan data makro  yang sifatnya imajinatif.

“Kenapa? Karena kita hanya membayangkan. Tapi kalau kita ngomong kemiskinan di desa, itu real. Datanya by name by adrest by home, rumahnya di mana wajahnya orangnya gimana itu ada,” ujar Gus Halim.

Untuk itu, Gus Halim berharap desa-desa di Indonesia yang memiliki potensi hortikultura dapat mengoptimalkan potensi tersebut dengan semaksimal mungkin sebagai upaya untuk menopang ketahanan pangan nasional.

“Kegiatan ketahanan pangan di desa dengan berbasis data mikro, berbasis kondisi kearifan lokal itu adalah sesuatu yang harus dilakukan,” ungkapnya.


Sumber: https://www.radarbangsa.com/news/48701/gus-halim-desa-ujung-tombak-ketahanan-pangan-nasional
Tokoh



Graph

Extracted

persons Abdul Halim Iskandar,
ministries Mendes,
ngos KIKA,
topics ketahanan pangan nasional,
nations Indonesia,
places KEPULAUAN BANGKA BELITUNG,
cities Bangka,