Haiti Makin Mencekam, Gangster Kuasai Negara-Pemerintah Mundur

  • 30 April 2024 21:40:00
  • Views: 1


Jakarta, CNBC Indonesia - Haiti masih berada dalam situasi genting akibat ulah gangster bersenjata yang telah menguasai Port-au-Prince, ibu kota negara tersebut. Bos gangster mengeklaim sedang membebaskan negara dari pemerintahan saat ini.

Vitel'homme Innocent, pemimpin dari kelompok bersenjata Kraze Baryé, saat ini masuk dalam daftar buronan Sepuluh Orang Paling Dicari oleh Biro Investigasi Federal (FBI). Namun, secara pribadi, ia memproyeksikan citra yang berbeda, terutama soal Haiti saat ini.

Dalam sebuah wawancara dan investigasi khusus dari media Amerika, Innocent memiliki kecenderungan untuk menjadi filosofis dalam topik situasi Haiti, meski tampilan luarnya garang dan mengintimidasi.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

"Haiti yang kita miliki, Haiti, mutiara Antilles tempat kita dibesarkan, masih bisa kembali menjadi yang terindah," kata Innocent, berbicara dengan lembut dalam bahasa Kreol Haiti, seperti dikutip CNN International.

"Suatu hari, seseorang bisa duduk di Champ de Mars dan menikmati es krim," tambah pria berusia 37 tahun ini.

Saat ini, taman Champ de Mars yang ikonis di ibu kota menjadi zona perang antara geng dan polisi. Setelah bertahun-tahun mengalami kekacauan politik, pengabaian institusional, dan serangkaian bencana alam yang brutal, nasib buruk Haiti mencapai titik terendahnya tahun ini.

Meski situasi memburuk, Innocent lebih banyak membahas dan berbicara tentang masa depan yang lebih cerah - masa depan yang menurutnya siap untuk diwujudkan oleh geng-geng Haiti.

Dalam wawancara pertamanya dengan pers asing, Innocent memang tidak menyangkal kematian, pembakaran, pemerkosaan atau penculikan yang dilakukan oleh geng-geng sekutu kota tersebut, dan mengatakan kepada CNN bahwa ia telah melakukan beberapa kesalahan.

Namun dia menganggap kekerasan jalanan yang mematikan yang terjadi beberapa bulan terakhir ini sebagai kerusakan tambahan. Kematian, baik karena kecelakaan maupun di luar proses hukum, juga disebabkan oleh polisi, mengklaim bahwa mereka menolak untuk terlibat dalam dialog. Satu-satunya penyesalannya, katanya, adalah terlibat dalam politik.

"Impian kami adalah menyingkirkan oligarki yang menghambat kemajuan negara," katanya tentang koalisi geng yang menamakan dirinya Viv Ansanm atau Hidup Bersama.

"Ya, saya punya kelompok bersenjata. Saya mengarahkan mereka," kata Innocent ketika ditanya tentang keterlibatan Kraze Baryé dalam penculikan. "Tetapi jika dipikir-pikir, apakah orang-orang ini benar-benar tahu siapa yang harus diculik dan siapa yang tidak boleh diculik? Sama sekali tidak."

"Sebenarnya orang-orang yang sama duduk di (organisasi regional) CARICOM untuk mewakili negara. Jika Anda memilih untuk memblokir mereka, mereka akan menghubungi kami dan berkata: 'Saya punya pekerjaan ini dan itu... Perbaiki untuk kami.' Dan kemudian Anda mendengar si anu telah diculik atau si anu disandera," katanya.

Ia menyebut ara pejabat koruplah yang menyalurkan senjata dan amunisi ke geng-geng saat ini.

"Mari kita ambil contoh yang jelas. Kami tidak dapat melakukan perjalanan. Kami tidak dapat mengimpor. Kami tidak dapat mengekspor. Namun selalu ada senjata yang masuk. Selalu ada peluru. Dan kami tidak memiliki perwakilan di perbatasan. Kami tidak memiliki perwakilan di bea cukai. Namun semua materi ini melewati saluran-saluran ini. Bagaimana mereka bisa sampai ke kita?" katanya.

Korupsi yang dia gambarkan bukanlah rahasia. Haiti saat ini berada di peringkat 172 dari 180 negara dalam Indeks Persepsi Korupsi Dunia.

Selama setahun terakhir, sanksi yang dijatuhkan oleh Kanada dan Amerika Serikat (AS) telah menuduh mantan perdana menteri dan presiden di Haiti, di antara puluhan orang Haiti berpengaruh lainnya, melakukan korupsi dan mendanai geng-geng di negara tersebut, serta kejahatan lainnya.

Ganti Pemerintahan Diam-Diam

Perdana Menteri Haiti, Ariel Henry, telah secara resmi mengundurkan diri dan pemerintahan sementara yang baru, yang diberi nama Dewan Transisi, telah dilantik dalam sebuah upacara rahasia di istana presiden.

Saat para anggota Dewan Transisi, yang beranggotakan 9 orang tersebut, mengambil sumpah, Henry, yang berada di Amerika Serikat (AS) setelah dikucilkan dari Haiti karena pemberontakan geng, mengumumkan dalam sebuah surat bahwa ia mengundurkan diri.

"Kami telah melayani negara selama masa-masa sulit," tulis Henry, seorang ahli bedah saraf yang berubah menjadi politisi setelah pembunuhan Presiden Jovenel Moïse pada tahun 2021.

Acara pelantikan pada Kamis dini hari itu dilakukan secara rahasia dan tidak diumumkan ke publik karena adanya ancaman kekerasan. Menjelang acara tersebut, laporan menyebutkan bahwa acara tersebut akan berlangsung di properti pemerintah lainnya, sebuah rumah besar di pinggiran kota.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Gangster Acak-Acak 1 Negara! AS CS Ketar-Ketir, Mayat di Mana-Mana
(luc/luc)
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240430203728-4-534810/haiti-makin-mencekam-gangster-kuasai-negara-pemerintah-mundur
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Bea Cukai, FBI, Polisi,
organizations PERSEPSI,
topics BOS,
nations Amerika Serikat, Haiti, Indonesia, Kanada,
places DKI Jakarta,
cases kecelakaan, korupsi, mayat, pembunuhan,
transportations sepeda,