KUR BRI Hidupkan Kembali Usaha Kerak Telor Ishak

  • 30 April 2024 22:08:33
  • Views: 4

Usaha kerak telor(MI/M. Ilham Ramadhan Avisena)

ISHAK Yahya, mengaku terbantu dengan dukungan yang diberikan oleh PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Pasalnya, perusahaan milik negara itu telah menghidupkan kembali usaha kerak telor yang ia lakoni sejak akhir 1987.

Yahya sempat berhenti total berjualan kerak telor selama pandemi covid-19 merebak di Indonesia. Sebab, selama pagebluk melanda di Tanah Air, pemerintah membatasi mobilitas masyarakat.

Pembatasan itu mengakibatkan gelaran Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang biasanya berlangsung di tengah tahun harus ditiadakan. Alhasil, Ishak yang sudah langganan berdagang di PRJ tak bisa menjual kerak telornya.

Baca juga : Lacedream Macrame Sukses Tembus Pasar Ekspor dan Berdayakan Perempuan

"Saya akhirnya ngojek, jadi ojek online, tidak dagang, saya narik sendiri. karena kan memang kosong, tidak boleh jualan," kisahnya kepada Media Indonesia, Selasa (30/4).

Pada 2022, ketika pandemi covid mulai mereda dan mobilitas kembali dibuka secara normal, Ishak mulai berdagang lagi. Ia kembali membuka usahanya dengan dukungan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dari BRI.

Dia mengetahui perihal fasilitas pembiayaan itu dari seorang mantri yang menawarkan bantuan modal usaha. Tak pikir panjang, Ishak langsung mengajukan KUR kepada BRI. Saat itu ia menerima KUR senilai Rp20 juta.

Baca juga : Program Klaster UMKM dari BRI Buka Peluang untuk Naik Kelas

Uang itu ia gunakan untuk modal usahanya dan memperluas cakupan dagangannya. Ishak mulai menjual toge goreng dan es selendang mayang untuk melengkapi dagangan kerak telornya.

Ia juga mengaku telah mendapatkan dukungan permodalan kembali setelah pinjaman KUR pertamanya lunas. Pada kali kedua, Ishak mendapatkan pencairan KUR senilai Rp30 juta dari BRI.

Dari KUR itu, Ishak kemudian membuka pangkalan di Bintaro Sektor 7. "Sekarang top up, baru berjalan, masih dua tahun lagi. Itu top up naik Rp10 juta, jadi Rp30 juta. KUR itu buat membuka pangkalan di Bintaro, kita kan butuh peralatan, bahan-bahan, dan bayar stan juga. Ya alhamdulillah lancar," jelasnya.

Ishak mengaku senang dengan dukungan yang diberikan BRI. Berkat fasilitas pembiayaan itu, ia bisa kembali berjualan kerak telor dan memperluas pasarnya. Bahkan kini Ishak kerap dipanggil oleh sejumlah nama besar untuk menyajikan kerak telor dalam berbagai kegiatan acara. (Mir/Z-7)


Sumber: https://mediaindonesia.com/ekonomi/668249/kur-bri-hidupkan-kembali-usaha-kerak-telor-ishak
Tokoh



Graph

Extracted

persons Mayang,
bumns BRI,
topics ekspor,
events Ramadhan,
products kerak telor, Kredit Usaha Rakyat (KUR), ojol, UMKM,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,
cities Bintaro,
cases covid-19,