Microsoft Komitmen Investasi Rp 27,6 T, untuk Pelatihan AI hingga Developer GitHub

  • 30 April 2024 16:45:28
  • Views: 5

TEMPO.CO, Jakarta - Microsoft resmi mengumumkan komitmen investasinya sebesar US $1,7 miliar (Rp 27,6 triliun) di Indonesia selama empat tahun ke depan. Investasi itu guna mengembangkan infrastruktur dan pelatihan terkait cloud, artificial intelligence (AI), dan dukungan developer di Indonesia. Dilansir dari keterangan tertulis, komitmen tersebut merupakan investasi tunggal terbesar dalam 29 tahun sejarah Microsoft di Indonesia.

CEO Microsoft Satya Nadella mengatakan, investasi tersebut akan memberikan pelatihan keterampilan AI bagi 840.000 orang, dan dukungan terhadap komunitas developer dalam negeri yang terus berkembang. Ini merupakan investasi tunggal terbesar dalam 29 tahun sejarah Microsoft di Indonesia. Inisiatif tersebut menurut Satya akan membantu mencapai visi Indonesia Emas 2045 Pemerintah Indonesia, yang bertujuan mentransformasi Indonesia sebagai kekuatan ekonomi global.

“Generasi baru AI ini mengubah cara hidup dan bekerja setiap orang di mana pun, termasuk di Indonesia,” ujar Satya Nadella, Chairman dan CEO Microsoft dalam keterangan tertulis pada Selasa, 30 April 2024. “Investasi yang kami umumkan hari ini – yang mencakup infrastruktur digital, keterampilan, dan dukungan bagi para developer – akan membantu Indonesia untuk terus melaju di era baru ini.”

Satya baru saja bertemu dengan Presiden Joko Widodo.  Dalam pertemuan tersebut Satya mengungkapkan komitmen investasi perusahaan dalam empat tahun ke depan.  

Dharma Simorangkir, Presiden Direktur Microsoft Indonesia mengatakan, investasi ini menjadi tonggak pencapaian baru Microsoft di lanskap digital Indonesia. Selaras dengan visi nasional Indonesia di bidang kecakapan digital, Microsoft bertujuan memberdayakan masyarakat Indonesia dengan infrastruktur dan keterampilan yang dibutuhkan di era AI.

"Ini adalah langkah penting untuk menjadikan Indonesia sebagai pusat talenta dan inovasi digital,” ujar Dharma.

Investasi infrastruktur digital ini merupakan kelanjutan dari inisiatif Berdayakan Indonesia yang Microsoft umumkan pada Februari 2021. Termasuk di dalam inisiatif tersebut yaitu rencana untuk mendirikan wilayah datacenter pertama perusahaan di Indonesia.

Iklan

Investasi yang diumumkan hari ini akan memungkinkan Microsoft untuk memenuhi permintaan terhadap layanan komputasi awan (cloud computing services) di Indonesia yang terus meningkat. Hal ini juga akan memungkinkan Indonesia untuk memanfaatkan peluang ekonomi dan produktivitas signifikan, yang dihadirkan oleh teknologi AI terbaru. Menurut  penelitian Kearney, AI dapat menyumbang hampir US$1 triliun terhadap produk domestik bruto (PDB) Asia Tenggara pada tahun 2030, dengan Indonesia diproyeksikan menyerap US$366 miliar dari jumlah tersebut.

Komitmen investasi Microsoft di Asia Tenggara memberi peluang bagi 2,5 juta orang di negara anggota ASEAN untuk melatih keterampilan AI. Dari 2,5 juta orang, Indonesia kebagian jatah 840.000 orang. Pelatihan tersebut di antaranya akan digelar dalam bentuk pelatihan keterampilan AI kepada siswa sekolah menengah kejuruan melalui program AI Teach for Indonesia, peluang dan dukungan untuk membangun karier di bidang keamanan siber bagi perempuan melalui program Ready4AI&Security, pelatihan kefasihan AI untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan kerja bagi generasi muda dari komunitas yang kurang terlayani dan kurang terwakili, dan pengetahuan dan keterampilan di bidang AI dan teknologi digital untuk karyawan organisasi nirlaba.

Sementara terkait upaya mendorong pertumbuhan komunitas developer di Indonesia, Microsoft membuka inisiatif baru seperti AI Odyssey, yang diharapkan dapat membantu 10.000 developer Indonesia menjadi ahli di bidang AI, dengan mempelajari keterampilan baru dan mendapatkan sertifikat kredensial Microsoft. Menurut catatan Microsoft, lebih dari 3,1 juta developer di Indonesia menggunakan GitHub, platform pengembangan software, kolaborasi, dan inovasi milik Microsoft.

Jumlah ini menjadikan Indonesia sebagai rumah bagi komunitas developer GitHub terbesar ketiga di kawasan Asia Pasifik, setelah India dan Tiongkok. Indonesia pun diproyeksikan menjadi salah satu dari lima komunitas developer terbesar di GitHub secara global pada tahun 2026.

Indonesia juga masuk kategori kelompok pertumbuhan developer tercepat di Asia Pasifik, dengan peningkatan jumlah developer di GitHub mencapai 31 persen dari tahun ke tahun (year-on-year) pada tahun 2023. Selain itu, Indonesia juga menyaksikan pertumbuhan jumlah proyek AI generatif publik di platform GitHub hingga 213 persen dari tahun ke tahun pada tahun 2023.

Pilihan Editor: Pemerintah Jamin Warung Madura Bisa Buka 24 Jam


Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1862503/microsoft-komitmen-investasi-rp-276-t-untuk-pelatihan-ai-hingga-developer-github
Tokoh





Graph

Extracted

persons Joko Widodo, Satya Nadella,
companies Microsoft,
organizations ASEAN,
topics Produk Domestik Bruto,
products Artificial Intelligence, emas,
nations India, Indonesia, Republik Rakyat Cina,
places DKI Jakarta,
cities Madura, Tiongkok,
musicclubs APRIL,