Jembatan KA di Kabupaten Bandung Ini Telah Berdiri Sejak 1889, Siapa Sangka Berada di Ketinggian 820 Mdpl

  • 30 April 2024 14:40:53
  • Views: 1

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jembatan Kereta Api di Kabupaten Bandung ini ternyata merupakan warisan yang merupakan peninggalan kolonial Belanda.

Meskipun sudah berdiri sejak tahun 1889 dan terhitung telah berusia 1 abad lebih, namun jembatan KA ini masih terjaga dan berdiri kokoh.

Jembatan ini terletak di Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dan dikenal dengan nama Jembatan Citiis.

Uniknya, yang menjadi ciri khas jembatan ini yaitu letaknya yang berada pada ketinggian mencapai 820 mdpl.

Kini jembatan tersebut dikenal menjadi salah satu jembatan yang menjadi ikon di Nagreg. Selain itu, ada pemandangan yang tersaji seperti hamparan pegunungan dengan hijaunya pepohonan.

Namun, dibalik keindahan dan kokohnya bangunan jembatan ini, ternyata menjadi yang tersulit dan menantang ketika dibangun.

Baca Juga: APBN Gelontorkan Dana Rp1,4 Triliun untuk Kantor Polisi di IKN, Diklaim Tidak Ada yang Lebih Keren di Seluruh Dunia

Hal tersebut diakui oleh Spanjaard jika pembangunan Jembatan Citiis menjadi jalur kereta api yang berada di lintas Bandung-Cilacap.

Pemerintah menunjuk salah satu perusahaan kereta api asal Belanda yaitu Staatsspoorwegen (SS) untuk membangun jembatan KA ini.

Kemudian jembatan KA ini mulai dibangun pada tahun 1884 yang membentang di atas Sungai Cisaat dengan panjang mencapai 172,8 meter.

Material yang digunakan khususnya besi yang berfungsi untuk menambah daya topang jembatan didatangkan langsung dari Eropa. Pengirimannya melalui pelabuhan Batavia.

Dilengkapi dengan lima buah pilar penyangga, Jembatan Citiis akhirnya berhasil rampung pada 10 Januari 1889 silam.

Namun, pada tahun 1921 terjadi perubahan rangka dengan pilar jembatan yang bertujuan guna sebagai penguatan agar bisa dilalui lokomotif mallet.

Baca Juga: 1 Mei Tanggal Merah, Apakah Pencairan Gaji Pensiunan Bulan Depan Bakal Mundur? Begini Kebijakan PT Taspen

Kini meskipun telah berusia satu abad, Jembatan KA ini menjadi legendaris dan masih berdiri kokoh dengan menghubungkan antaran Stasiun Nagreg dengan Stasiun Lebakjero.

Itulah Jembatan Kereta Api Citiis yang merupakan peninggalan Belanda, namun masih berdiri kokoh hingga sekarang.


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912544904/jembatan-ka-di-kabupaten-bandung-ini-telah-berdiri-sejak-1889-siapa-sangka-berada-di-ketinggian-820-mdpl?page=all
Tokoh

Graph

Extracted

companies Dana,
ministries Polisi,
bumns PT Taspen,
organizations API,
topics APBN,
nations Belanda,
places JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities bandung, Cilacap,
musicclubs iKON,