Buntut Kasus Kematian Brigadir RAT, Said Didu Kritik Penempatan Polisi sebagai Pengawal Pengusaha: Ini Praktek Tidak Boleh Terjadi

  • 30 April 2024 14:33:10
  • Views: 2

FAJAR.CO.ID, JAKARTA -- Muhammad Said Didu memberikan komentarnya terkait kasus kematian seorang anggota polisi di Polresta Manado dengan inisial Brigadir RAT.

Diduga bunuh diri, namun istri korban, NH, memiliki firasat yang berbeda

NH mengungkapkan bahwa suaminya telah bekerja sebagai pengawal seorang pengusaha selama dua tahun terakhir.

Menanggapi hal ini, Said Didu mengecam praktik di mana polisi, yang digaji oleh rakyat, ditempatkan untuk mengawal pengusaha.

"Digaji oleh rakyat untuk kawal pengusaha," ujar Said Didu dalam keterangannya di aplikasi X @msaid_didu (30/4/2024).

Said Didu menyatakan keheranannya atas situasi tersebut, menganggapnya sebagai praktek yang tidak dapat diterima.

"Ini praktek yang tidak boleh terjadi," tandasnya.

Komentar tajam dari mantan Sekretaris BUMN ini menyoroti isu etika dalam penempatan tugas polisi dan keterlibatan mereka dalam pengamanan individu tertentu.

Diketahui, seorang anggota polisi yang berdinas di Polresta Manado dengan inisial Brigadir RAT ditemukan tewas di Jalan Mampang Prapatan IV, Kelurahan Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2024).

Diduga korban tewas karena bunuh diri dengan menembakkan senjata api ke kepalanya sendiri.

Dari hasil pemeriksaan polisi, ditemukan luka tembak di sekitar pelipis kepala bagian kanan hingga menembus pelipis kiri.

Brigadir RAT ditemukan dalam posisi duduk di kursi supir sebelah kanan mobil Alphard miliknya, dengan senjata api jenis HS berkaliber 9 milimeter juga ditemukan di dalam mobil.

Rekaman kamera pengawas atau CCTV menunjukkan bahwa korban sempat berhenti di salah satu rumah warga sebelum mobilnya tiba-tiba berbelok ke kanan dan menabrak kendaraan yang terparkir.

Warga yang mendengar suara tabrakan segera mendatangi lokasi dan menemukan Brigadir RAT sudah tak bernyawa saat pintu mobil dibuka.

(Muhsin/fajar)


Sumber: https://fajar.co.id/2024/04/30/buntut-kasus-kematian-brigadir-rat-said-didu-kritik-penempatan-polisi-sebagai-pengawal-pengusaha-ini-praktek-tidak-boleh-terjadi/?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Said Didu,
ministries Polisi,
organizations API,
products CCTV,
places DKI Jakarta,
cities Mampang Prapatan, Manado, Tegal, Tegal Parang,
transportations Toyota Alphard,