Jalin Bersinergi, Perluas Jangkauan Layanan Keuangan Digital di Indonesia

  • 30 April 2024 12:25:00
  • Views: 3

Warta Ekonomi, Jakarta -

PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) dan PT Espay Debit Indonesia Koe (DANA) menyatukan sinergi untuk menghadirkan perluasan interkoneksi layanan keuangan digital kepada masyarakat dari Indonesia.

Direktur Utama Jalin, Ario Tejo Bayu Aji menyambut baik terjalinnya kerja sama strategis antara DANA dan Jalin. Kerja sama strategis ini mencakup penggunaan teknologi untuk memproses pembayaran (switching) berbasis Quick Response Indonesia Standard (QRIS) dalam layanan jaringan ”Link”. Dengan kerja sama ini, kedua perusahaan berkolaborasi mendukung  sistem pembayaran digital yang andal nan inklusif.

Baca Juga: Andalkan Segmen UMKM dan Konsumer, Kredit BNI Tembus Rp695,16 triliun di Kuartal I 2024

”Kami memiliki visi yang serupa dalam membangun ekosistem ekonomi digital yang kuat, di mana tujuan utamanya adalah menjadi penghubung antara masyarakat dengan ekosistem finansial serta non-finansial. Visi ini selaras dengan komitmen kami sebagai The National Digital Highway yang berperan mewujudkan kedaulatan sistem pembayaran dalam negeri bersama dengan DANA” ujar Ario, dilansir Selasa (30/4).

Kerja sama ini merupakan wujud komitmen pihaknya untuk  terus mendorong peran industri financial technology (fintech) dalam meningkatkan akses terhadap layanan keuangan, terutama bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan, wilayah terpencil, masyarakat berpenghasilan rendah, dan Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM). 

Diharapkan lewat kerja sama ini, masyarakat yang sebelumnya tidak memiliki akses terhadap layanan keuangan dapat memperoleh manfaat yang lebih besar.

Sementara itu, diharapkan pertumbuhan UMKM juga dapat dipercepat melalui akses yang lebih mudah ke pembiayaan melalui layanan keuangan lain yang lebih aman dan efisien, didukung oleh peran fintech serta Penyedia Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) seperti Jalin.

Dengan bergabungnya DANA ke dalam jaringan ”Link” sekaligus memperkuat posisinya dalam melakukan penetrasi perluasan layanan ke member Jalin yang lain.

Baca Juga: Kolaborasi TikTok Shop dan Tokopedia Membuka Peluang Bagi UMKM dan Kemajuan Industri Digital

”Lewat interkoneksi ini, DANA dapat memperluas akseptasi layanannya kepada industri keuangan lainnya yang mencakup sektor perbankan, BPD, fintech serta penggunaan QRIS Antarnegara dengan cakupan yang lebih luas” tutup Ario.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.


Sumber: https://wartaekonomi.co.id/read534262/dana-jalin-bersinergi-perluas-jangkauan-layanan-keuangan-digital-di-indonesia
Tokoh

Graph

Extracted

companies Dana, Google, TikTok, Tokopedia,
bumns BNI,
ngos AJI,
products fintech, RUU PIP, UMKM,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta,