Labfor Pastikan Tembakan di Kepala Brigadir RAT Berasal dari Dalam Mobil

  • 30 April 2024 13:24:13
  • Views: 1

JAKARTA, iNews.id - Tim Pusat Laboratorium Forensik (Labfor) Polri telah mengonfirmasi bahwa tembakan yang menyebabkan luka pada kepala Brigadir RAT berasal dari dalam mobil Alphard. Proses investigasi kini sudah dinyatakan selesai.

Hal ini ditegaskan oleh anggota tim Puslabfor Polri Kompol Irfan yang menyatakan bahwa tidak ada tanda-tanda pecahnya jendela atau kaca mobil yang menunjukkan tembakan tersebut berasal dari luar.

Baca Juga

CCTV Rekam Detik-Detik sebelum Brigadir RAT Mengakhiri Hidup

"Tidak ada kerusakan pada jendela atau kaca mobil sebagai bukti tembakan. Ini menegaskan bahwa tembakan berasal dari dalam mobil," ujarnya, Senin (29/4/2024).

Menurut Irfan, kesimpulan ini didasarkan pada hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan pemeriksaan forensik yang dilakukan oleh Tim Labfor Polri terhadap bukti-bukti di lokasi kejadian. Di dalam mobil Alphard, ditemukan bekas tembakan di bagian plafon dekat kemudi.

Baca Juga

Terungkap, Tak Ada DNA Orang Lain di Senpi dan Mobil TKP Brigadir RAT Bunuh Diri

"Hasil pemeriksaan senjata api menunjukkan bahwa senjata api HS Kaliber 9 mm buatan Kroasia dengan nomor seri H 258799 masih dalam kondisi aktif dan dapat berfungsi dengan baik," katanya.

Dia menjelaskan bahwa dari hasil pemeriksaan senjata api jenis HS, diketahui bahwa senjata tersebut masih aktif dan pernah digunakan sebelumnya. Bahkan, senjata tersebut mengandung GSR, menunjukkan bahwa senjata tersebut baru saja digunakan.

Baca Juga

Polisi Identifikasi 13 Momen Penting Detik-detik Brigadir RAT Bunuh Diri, Apa Saja?

"Selain itu, ditemukan 7 butir peluru aktif dan 1 butir selongsong peluru kaliber 9mm berhestem PMC 9mm luger buatan Korea sebagai barang bukti. Selongsong peluru yang ditemukan di dalam mobil tersebut identik dengan senjata jenis HS yang ditemukan di lokasi," tuturnya.

Irfan juga menyampaikan bahwa pemeriksaan forensik pada korban, Brigadir RAT, menunjukkan adanya GSR pada telapak tangan kanan, punggung tangan kanan, lubang di kepala sebelah kanan, dan baju di bagian pundak kanan. Begitu juga dengan pemeriksaan terhadap mobil Alphard, yang menunjukkan adanya GSR di berbagai bagian, termasuk lubang di penghalang cahaya, karpet di bawah supir, dashboard depan sopir, jok sopir bagian kanan, kaca jendela supir sebelah kanan bagian dalam, dan pintu dalam supir sebelah kanan.

"Dari hasil pemeriksaan ini, dapat disimpulkan bahwa tembakan tersebut berasal dari dalam mobil, dengan sudut tembakan sebesar 32 derajat," katanya.

Editor : Muhammad Fida Ul Haq


Sumber: https://www.inews.id/news/nasional/labfor-pastikan-tembakan-di-kepala-brigadir-rat-berasal-dari-dalam-mobil
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Polisi,
organizations API,
products CCTV,
nations Kroasia,
places DKI Jakarta,
transportations Toyota Alphard,