Status Tanggap Darurat Erupsi Gunung Ruang Diperpanjang hingga 14 Mei

  • 30 April 2024 12:42:20
  • Views: 3


Makassar, CNN Indonesia --

Penjabat Bupati Kepulauan Siau Tagulandang Biaro, Sulawesi Utara, Joi Eltiano Bernadin Odoh memperpanjang status tanggap darurat usai Gunung Ruang kembali erupsi.

"Perpanjangan status tanggap darurat erupsi Gunung Ruang berlangsung selama 14 hari, terhitung sejak tanggal 40 April hingga 14 Mei 2024," kata Joi dalam keterangan tertulis, Selasa (30/4).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Perpanjangan status tanggap darurat tersebut setelah erupsi Gunung Ruang kembali terjadi hari ini.

"Sehingga berdasarkan aktivitas Gunung Ruang yang saat ini pada level IV atau awas, maka perlu perpanjangan status tanggap darurat," ungkapnya.

Dampak yang ditimbulkannya dari erupsi Gunung Ruang ini, kata Joi, akan dibebankan kepada APBD dan APBN 2024.

"Keputusan ini mulai berlaku hari ini," katanya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM melaporkan erupsi Gunung Ruang kembali terjadi pada Selasa pagi tadi. Aktivitas vulkanis terbaru gunung tersebut terjadi pukul 08.35 WITA dengan tinggi kolom abu teramati ± 5000 m di atas puncak.

Atas aktivitas vulkanis tersebut, PVMBG mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Ruang dan pengunjung/wisatawan agar tetap waspada, serta tidak memasuki wilayah radius 7 km dr pusat kawah aktif.

Masyarakat yang bermukim di wilayah Pulau Tagulandang, yang masuk dalam radius 6 Km agar segera dievakuasi ke tempat aman di luar kawasan rawan bencana (KRB) itu.

Masyarakat diimbau untuk selalu menggunakan masker untuk menghindari paparan abu vulkanik yang dapat mengganggu sistem pernafasan.

(mir/pmg)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240430123647-20-1092207/status-tanggap-darurat-erupsi-gunung-ruang-diperpanjang-hingga-14-mei
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Kementerian ESDM, PVMBG,
topics APBN,
products masker,
nations Indonesia,
places SULAWESI SELATAN, SULAWESI UTARA,
cities Gunung,
musicclubs APRIL,