Legislator Sebut Penonaktifan NIK Jakarta Bikin Ketar-ketir

  • 30 April 2024 11:05:31
  • Views: 4

Jakarta: Program penonaktifan nomor induk kependudukan (NIK) di Jakarta disebut membuat pekerja asal Jakarta di luar daerah ketar-ketir. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta harus lebih masif menyosialisasikan program tersebut. "Penonaktifan NIK bagi orang-orang yang terdaftar di Jakarta tapi dia tidak tinggal di Jakarta ini bisa menyebabkan kebingungan," kata anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Bambang Kusumanto kepada wartawan, Senin, 29 April 2024. Bambang mengatakan penghapusan NIK harus benar-benar selektif. Sebab, NIK merupakan identitas yang melekat pada pemiliknya dan menjadi legalitas dasar untuk semua urusan pendataan masyarakat. "Kalau NIK-nya dimatikan bisa berdampak luas," papar dia.   Bambang menyebut dampak program itu terasa bagi pemilik NIK Jakarta yang bekerja di luar negeri. Mereka khawatir hak-hak dan data kependudukannya berubah hingga kebingungan saat hendak mengurus perubahan data. "Harus disosialisasikan terus jangan sampai nanti terjadi kematian pendataan warga karena NIK-nya sudah tidak bisa berfungsi. Cek dulu ke lapangan," ujar dia.

Jakarta: Program penonaktifan nomor induk kependudukan (NIK) di Jakarta disebut membuat pekerja asal Jakarta di luar daerah ketar-ketir. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jakarta harus lebih masif menyosialisasikan program tersebut.
 
"Penonaktifan NIK bagi orang-orang yang terdaftar di Jakarta tapi dia tidak tinggal di Jakarta ini bisa menyebabkan kebingungan," kata anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Bambang Kusumanto kepada wartawan, Senin, 29 April 2024.
 
Bambang mengatakan penghapusan NIK harus benar-benar selektif. Sebab, NIK merupakan identitas yang melekat pada pemiliknya dan menjadi legalitas dasar untuk semua urusan pendataan masyarakat.
"Kalau NIK-nya dimatikan bisa berdampak luas," papar dia.
 
Bambang menyebut dampak program itu terasa bagi pemilik NIK Jakarta yang bekerja di luar negeri. Mereka khawatir hak-hak dan data kependudukannya berubah hingga kebingungan saat hendak mengurus perubahan data.
 
"Harus disosialisasikan terus jangan sampai nanti terjadi kematian pendataan warga karena NIK-nya sudah tidak bisa berfungsi. Cek dulu ke lapangan," ujar dia.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(AZF)


Sumber: https://www.medcom.id/nasional/metro/GNlPdj9N-legislator-sebut-penonaktifan-nik-jakarta-bikin-ketar-ketir
Tokoh



Graph

Extracted

persons Bambang Kusumanto,
companies Google,
ministries DPRD, Komisi A DPRD DKI,
places DKI Jakarta,
musicclubs APRIL,