Viral Ziarah Makam Raja Imogiri Bayar Rp500 Ribu, Keraton Buka Suara

  • 30 April 2024 10:27:57
  • Views: 2


Yogyakarta, CNN Indonesia --

Seorang pengunjung kompleks Makam Raja Pajimatan Imogiri di Bantul, D.I. Yogyakarta mengaku diminta membayar sebesar Rp500 ribu saat berziarah ke tempat pemakaman raja-raja Mataram Islam tersebut.

Curhatan pengunjung itu viral usai dibagikan oleh akun X (Twitter) @merapi_uncover.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pengunjung yang mengaku rutin berziarah ke Makam Pajimatan itu kaget saat ia dan rombongannya oleh kuncen pasarean diminta membayar biaya retribusi sebesar Rp250 ribu. Tarif sebesar itu masing-masing untuk akses ziarah ke kompleks Kasultanan dan Kasunanan.

"Restribusi berlaku untuk masing-masing wilayah, untuk Kasultanan sendiri dan Kasunanan sendiri seandainya mau masuk ke Kasultanan dan Kasunanan berarti harus bayar dua kali," tulis curhatan itu.

Pengalamannya selama ini biaya retribusi hanya Rp50 ribu tanpa tanda bukti dan itu di luar tarif sewa busanperanakan sebesar Rp15 ribu.

Peziarah tersebut pun mengaku tidak bisa berbuat apa-apa ketika diminta membayar sebesar itu lantaran tidak menanyakan terlebih dahulu dan menganggap tarifnya masih belum berubah.

Pihak Keraton Yogyakarta telah mengetahui kejadian ini dan menyebut peristiwa tersebut terjadi bukan saat jam buka atau waktu kunjungan makam.

"Kejadian bukan pada jam buka. Biasanya dengan alasan sudah sampai di sana masa tidak diperkenankan masuk," kata Carik Kawedanan Sri Wandawa, KRT Purwosemantri, Senin (29/4) kemarin.

Purwosemantri menyebut kunjungan di luar jam buka harus mengantongi izin dari Kawedanan Sri Wandawa atau Kawedanan Hageng Panitrapura yang berwenang atas kompleks makam raja.

Selain itu, menurut Purwosemantri, persewaan pakaian yang dimaksud pengunggah adalah usaha perkumpulan Abdi Dalem, bukan milik Keraton Yogyakarta.

Purwosemantri mengatakan pihaknya akan menghubungi langsung pihak pengunggah curhatan, sekaligus melakukan pendisiplinan terhadap Abdi Dalem.

"Kraton akan menghubungi orang yang upload, untuk mengklarifikasi kejadian yang sebenarnya. Penanganan pendisiplinan Abdi Dalem yang bersangkutan juga akan segera dilakukan," katanya.

(kum/fra)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240430101448-20-1092128/viral-ziarah-makam-raja-imogiri-bayar-rp500-ribu-keraton-buka-suara
Tokoh

Graph

Extracted

companies Twitter,
religions Islam,
nations Indonesia,
places DI YOGYAKARTA, NUSA TENGGARA BARAT,
cities Bantul, Mataram, Yogyakarta,