Cak Imin Berharap PPP Menang Gugatan Pileg di MK dan Lolos ke Senayan

  • 30 April 2024 09:55:39
  • Views: 4

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar berharap, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) bisa memenangkan gugatan sengketa Pileg 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK). Sehingga partai Ka'bah tersebut bisa lolos masuk ke parlemen.

Pada Pileg 2024, PPP memang tidak memenuhi ambang batas parlemen (parliamentary threshold) 4 persen. Berdasarkan keputusan KPU RI, hanya mengumumpulkan suara 3,87 persen. Atas dasar itu, PPP melayangkan gugatan ke MK, dan sidang perdana berlangsung pada Senin (29/4/2024).

Baca: Dari 10 Caleg Lolos ke Senayan dari Dapil Jatim I, Enam Orang Perempuan

"PKB berharap PPP lolos dalam perjuangannya di MK. Sehingga hak PPP untuk duduk dengan hasil jeri payahnya bisa terselamatkan," kata Cak Imin, sapaan akrabnya, bersama Pelaksana Tugas (Plt) Ketua Umum DPP PPP Muhamad Mardiono dalam konferensi pers di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Senin (29/4/2024).

Cak Imin menyampaikan, PKB siap bahu-membahu bersama dengan PPP dalam menjalankan roda perpolitikan di Indonesia. Termasuk yang sedang diperjuangkan PPP saat ini di MK, Cak Imin mengaku, memberikan dukungan penuh.  "Tentu apapun yang diminta PPP kita siapkan terutama yang utama pasti doa dan tentu memohon kearifan hakim," ujarnya.

Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024 itu melanjutkan, harapan agar PPP menang dalam sengketa Pileg 2024 di MK besar karena agar para caleg yang terpilih dalam Pileg 2024 menjadi tidak sia-sia. Dalam kesempatan itu dia mencontohkan Ermalena yang turut hadir, merupakan caleg PPP peraih suara terbanyak di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca: Lima Caleg DPR Peraih Suara Terbanyak Pileg 2024, Satunya dari Luar Jawa

"Kita tahu ini proses sidang baru mulai hari ini. Insya Allah kita dukung sepenuhnya PPP," ujar Cak Imin.

Dalam kesempatan yang sama, Plt Ketua Umum PPP M Mardiono menyampaikan rasa senangnya atas dukungan dari PKB agar bisa menang di MK sehingga masuk ke parlemen. Dia menekankan harapan besar agar tetap duduk di Senayan dengan mencapai angka PT.

"Banyak sekali informasi yang kita perbincangkan, bagaimana Indonesia juga menghadapi banyak hal tentang dinamika dunia politik internasional yang memang ini tidak terpisahkan dari apa yang akan kita jalankan. Ke depan tentu kita harus selesaikan, karena itu parlemen juha kami harus berusaha," ujar Mardiono.

Baca: Dikunjungi Menlu Singapura, SBY Hadiahi Sang Tamu Lukisan

Dia sangat menyambut dukungan dari PKB dan berharap agar PKB dan seluruh masyarakat memanjatkan doa untuk kemenangan PPP di MK. "Kami PPP minta dukungan dan doa tentu dari para tokoh PKB khususnya ketum dan seluruh jajarannya untuk bisa mendukung mendoakan agar PPP bisa lolos parliamentary threshold, di mana hari ini sudah dimulai sidang perdananya," jelas Mardiono.


Sumber: https://news.republika.co.id/berita/scq8b7484/cak-imin-berharap-ppp-menang-gugatan-pileg-di-mk-dan-lolos-ke-senayan
Tokoh







Graph