Kisah Tribhuwana Relakan sang Suami Raden Wijaya Nikahi 3 Adiknya

  • 30 April 2024 07:19:53
  • Views: 1

RADEN Wijaya merupakan pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Majapahit. Ia memerintah pada periode 1293-1309 Masehi. Dalam riwayat disebutkan, Raden Wijaya menikahi empat putri dari Raja Singasari, Kertanagara.

Pertama adalah Tribhuwaneswari atau Tribhuwana Tunggadewi. Kemudian Wijaya menikahi tiga adik tiri Tribhuwana setelah berhasil membalaskan dendam kepada Jayakatwang di Kerajaan Kediri.

Jayakatwang saat itu menawan Tribhuwana yang merupakan istri Raden Wijaya dan tiga adik tirinya. Setelah Raden Wijaya membebaskan mereka, sang raja menikahinya juga.

 BACA JUGA:

Tribhuwana mengikhlaskan Raden Wijaya menikahi tiga adiknya yakni Narendraduhita, Jayendradewi, dan Gayatri.

Dalam buku "Gayatri Rajapatni : Perempuan di Balik Kejayaan Majapahit" disebutkan Raden Wijaya pertama menikahi Gayatri lalu mengumumkan akan mempersunting juga saudarinya yang lain.

Tribhuwana tak terkejut terhadap keputusan Raden Wijaya. Semenjak mengetahui dirinya mandul, Tribhuwana berharap Wijaya menikah lagi agar punya keturunan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

la bersyukur Raden Wijaya memperlakukan Gayatri dengan penuh perhatian dan rasa hormat, dan lega atas keputusan Wijaya memilih Gayatri alih-alih sang putri Malayu, sebagai pendamping resminya. Namun, ia juga meramalkan dan memberi peringatan yang ketika itu agak diacuhkan Gayatri.

Di sisi lain Raden Wijaya memiliki alasan mengapa ia harus menikahi tiga putri Kertanagara Raja Singasari lainnya. Alasannya tentu tak lain karena untuk mempererat antara dinastinya yang baru dengan mendiang Kertanagara.

Dalam kesempatan itu, Raden Wijaya tak menyebut nama Dara Petak, putri Malayu yang tak dikenal itu, walaupun ia terus menyembunyikannya di sebuah bangsal di istana. Kendati Gayatri adalah ratu termuda, Wijaya menganugerahinya gelar istimewa "Rajapatni" atau "Pendamping Raja", yang melekat sepanjang hidupnya.


Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2024/04/29/337/3002161/kisah-tribhuwana-relakan-sang-suami-raden-wijaya-nikahi-3-adiknya
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
places JAWA TIMUR,
cities Kediri,