Buka Pendaftaran Bakal Calon Gubernur Jakarta, PKB Ungkap 3 Kriteria

  • 30 April 2024 07:45:00
  • Views: 1

TEMPO.CO, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB mulai membuka pendaftaran untuk calon yang akan diusung dalam Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Jakarta pada November 2024.

"PKB Jakarta siap berkoalisi dan mengusung alon potensial untuk maju di Pilkada 2024," kata Ketua DPW PKB Jakarta Hasbialah Ilyas di Jakarta, Senin, 29 April 2024.

Dia menjelaskan saat ini PKB Jakarta sedang menyiapkan infrastruktur partai untuk Pilkada 2024, dan bertekad menghidupkan aura PKB di DKI Jakarta untuk meraih kemenangan.

"Kami siap menghidupkan aura PKB di Jakarta, untuk meraih target menang Pilkada di Jakarta 2024," katanya.

Adapun soal kriteria, Hasbialah mengungkap ada tiga hal yang harus dimiliki calon gubernur.

Pertama adalah mengerti dan memahami permasalahan yang dihadapi warga Jakarta.

Kedua, bisa membawa perubahan ke arah yang lebih baik bagi warga Jakarta. Apalagi, Jakarta tidak lagi menjadi Ibu Kota Negara.

Dan yang ketiga adalah calon harus memiliki visi - misi yang sejalan dan selaras dengan PKB sebagai partai terbuka dan mengantut ideologi Islam aswaja, yang sejuk dan bisa menjadi rahmat bagi semua.

Iklan

PKB meraih kursi yang cukup banyak di DPRD DKI dalam Pemilu 2024. Bahkan kenaikan suara partai ini mencapai 100 persen.

Hasbiallah menyampaikan rasa syukur atas capaian PKB Jakarta di Pemilu 2024, kendati masih belum sesuai target. Kata dia, target PKB DKI Jakarta meraih 12 sampai 15 kursi DPRD dan 2 kursi DPR RI di Pemilu 2024.

"Alhamdulillah di antara partai-partai peserta Pemilu di Jakarta, PKB yang paling tinggi kenaikan suaranya, sampai 100 persen. PKB dapat 10 kursi DPRD dan 2 kursi DPR RI," ungkapnya.

Dengan perolehan suara tersebut, lanjut dia, PKB Jakarta siap menjadi pengusung calon kepala daerah untuk Pilkada 2024, meski hingga saat bakal calon yang akan diusung masih dalam proses.

Adapun beberapa nama yang sempat beredar bakal maju dalam Pilkada Jakarta antara lain dari Partai Golkar yaitu Ridwan Kamil dan Ahmed Zaky Iskandar. Sedangkan dari NasDem ada nama Ahmad Sahroni. Belakangan nama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok juga dikabarkan akan meramaikan bursa Pilgub DKI ini.

Nama Anies Baswedan pun tak luput dari kabar bahwa ia akan dicalonkan kembali sebagai calon gubernur Jakarta lewat koalisi pendukungnya di Pilpres 2024.

Pilihan Editor: PPP Minta Dukungan PKB agar Lolos Ambang Batas Parlemen di Sengketa Pileg 2024


Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1862244/buka-pendaftaran-bakal-calon-gubernur-jakarta-pkb-ungkap-3-kriteria
Tokoh









Graph

Extracted

persons Ahmad Sahroni, Anies Baswedan, Basuki Tjahaja Purnama, Ridwan Kamil,
ministries DPR RI, DPRD,
ngos SEJUK,
religions Islam,
parties Golkar, Nasdem, PKB,
topics Pemilu 2024, Pilpres 2024,
events Pilkada Serentak,
places DKI Jakarta,
musicclubs APRIL,