Pemkab Kukar Terima Kunker Forkopimda Belitung Guna Rumuskan Kebijakan Ekonomi Kreatif

  • 29 April 2024 17:00:00
  • Views: 3

Sunggono menyebut, dalam perspektif pembangunan jangka panjang, Pemkab Kukar tengah menyusun kebijakan pembangunan yang berfokus transformasi ekonomi, dari sektor ekonomi tak terbarukan ke optimalisasi sektor ekonomi terbarukan.

“Ada dua sektor penopang perekonomian ke depan, yakni sektor pertanian dalam arti luas yang ditopang dengan pembangunan industri hijau, dan sektor tersier melalui pengembangan pariwisata daerah,” sebutnya.

"Secara spesifik, penguatan ekonomi kreatif telah tercantum dalam visi ke-3 Kukar Idaman, yaitu memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif," jelas Sunggono.

Ia juga mengungkapkan, dalam pendekatan politik, ada program dedikasi Kukar Idaman yang terkait langsung dengan pembangunan ekonomi kreatif, yakni Program Kukar Kreatif Idaman dan Program Kukar Kaya Festival.

"Kedua program itu merupakan wujud dari komitmen Bupati Kukar Edi Damansyah untuk membangun ekosistem ekonomi kreatif, agar dapat berkembang di Kukar," ungkapnya.

"Target kegiatan minimal 25 event atau festival per tahun dan pelaksanaan pekan kreatif daerah minimal dua kali dalam setahun,” jelas Sunggono.

Ia mengatakan, kegiatan itu ditujukan untuk memfasilitasi komunitas kreatif daerah agar dapat mengekspresikan kreatifitas dan karya masing-masing komunitas dalam pertunjukan, pameran maupun bazar yang diintegrasikan dalam agenda pariwisata daerah.

"Program ini sudah berjalan selama tiga tahun dan telah memberikan dampak signifikan terhadap perkembangan ekonomi kreatif dan pariwisata daerah," kata Sunggono.


Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5584391/pemkab-kukar-terima-kunker-forkopimda-belitung-guna-rumuskan-kebijakan-ekonomi-kreatif
Tokoh

Graph

Extracted

organizations forkopimda,
places KEPULAUAN BANGKA BELITUNG,