Muncul Poster 'Surat Suara' Risma-Cak Thoriq Maju Pilgub Jatim 2024

  • 29 April 2024 20:27:53
  • Views: 1


Surabaya, CNN Indonesia --

Sebuah poster dengan desain menyerupai surat suara Pilkada Jawa Timur 2024 beredar di media sosial. Poster itu memuat gambar pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, melawan duet Tri Rismaharini-Thoriqul Haq.

Menteri Sosial RI dan Bupati Lumajang periode 2018-2023 itu seakan jadi pasangan bakal calon gubernur-wakil gubernur di Pilkada 2024 menantang petahana Khofifah Indar Parawasan-Emil Dardak.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dikonfirmasi soal poster mirip surat suara itu, Ketua KPU Jatim mengaku tak tahu menahu. Sebab, tahapan pencalonan kepala daerah belum di mulai.

"Tahap pencalonan calon kepala daerah masih belum," kata Aang saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (29/4).

Aang yang juga mantan Komisioner Bawaslu Jatim itu mengaku tak tahu dari mana poster itu berasal. Menurutnya, poster bukan resmi dikeluarkan KPU Jatim.

Sementara itu, Thoriq mengatakan tak tahu mengapa namanya masuk di bursa calon wakil gubernur Jatim. Apalagi sampai dipasangkan dengan Risma.

"Itu sopo sing gawe (siapa yang membuat) flyer, enggak ngerti rek. Itu kan dunia sekarang sopo ae seng (siapa saja yang) memasang-masangkan sesuai seleranya masing masing gawe (bikin) flyer ya nyebar. Jadi yo gini banyak pertanyaan," kata Thoriq di Surabaya.

Pria yang akrab disapa sebagai Cak Thoriq ini mengatakan, di internal PKB, ia telah disiapkan maju lagi di Pilkada Kabupaten Lumajang 2024 untuk periode kedua.

"Wong aku (orang saya) pengurus PKB Jawa Timur. Dan sudah dalam tahap di PKB saya dipersiapkan ke Lumajang," ucapnya.

Cak Thoriq yang juga jadi Kapten Timprov Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar selama Pilpres 2024 ini juga memohon doa restu ke relawan AMIN untuk ikut kontestasi di Lumajang.

"Doakan saya, hari ini saya sedang berikhitiar untuk juga mengikuti proses politik dalam pilkada untuk jadi calon bupati di Kabupaten Lumajang," kata Thoriq di hadapan ratusan relawan AMIN di acara halalbihalal, di Hotel Wyndham Surabaya.

"Sekaligus ini menjawab dari flyer dan pertanyaan banyak orang, 'Cak Thoriq maju gubernur, maju wagub atau yang mana', sudah saya mohon doa," tambahnya.

Sementara itu, anak Risma, Fuad Bernardi mengaku setuju dengan muatan poster itu. Ia senang jika benar ibunya bakal berpasangan dengan Cak Thoriq.

"Terkait pamflet yang beredar, kalau saya melihat, kalau memang nantinya ibu akan berpasangan dengan Cak Thoriq, partai koalisinya berarti PDIP dan PKB yang memang pemegang kursi terbesar di DPRD Jatim, ya bagus-bagus aja sih menurut saya," kata Fuad saat dikonfirmasi.

Meski demikian, kata Fuad, keputusan maju tidaknya Risma di Pilkada Jatim kewenangan penuh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. PDIP sendiri saat ini sedang fokus mempersiapkan rakernas yang bakal mereka gelar akhir Mei 2024.

"Yang penting adalah bagaimana nantinya tetap penentuannya ada di DPP masing-masing. Terutama terkait Bu Risma yang pasti menunggu perintah Bu Ketua Umum, Bu Mega, jadi ya kita nanti tunggu saja," pungkasnya.

(frd/fra)

[Gambas:Video CNN]


Sumber: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20240429184236-32-1091900/muncul-poster-surat-suara-risma-cak-thoriq-maju-pilgub-jatim-2024
Tokoh















Graph