Maju Terus, Rusia Rebut Desa di Ukraina Timur

  • 29 April 2024 18:50:43
  • Views: 3

Jakarta -

Pemerintah Rusia mengatakan bahwa militernya telah bergerak lebih jauh ke dalam wilayah Ukraina timur, dengan merebut sebuah desa lainnya - Semenivka - dekat kota Avdiivka, yang dikuasai Moskow setelah serangkaian perebutan wilayah baru-baru ini.

Pengumuman itu disampaikan sehari setelah Moskow mengklaim merebut desa terdekat lainnya. Otoritas Ukraina mengatakan bahwa situasi pasukannya di wilayah itu semakin memburuk.

Dilansir kantor berita AFP, Senin (29/4/2024), Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pihaknya telah "membebaskan" Semenivka, ketika pasukannya memanfaatkan keunggulan mereka dalam hal sumber daya manusia dan amunisi di medan perang.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Desa-desa kecil tersebut terletak di selatan Novobakhmutivka, yang jatuh ke tangan pasukan Rusia pada akhir pekan lalu.

Rusia telah bergerak ke arah barat di wilayah Donetsk sejak mereka secara simbolis merebut Avdiivka pada bulan Februari, sebuah pusat di wilayah timur yang menjadi saksi beberapa pertempuran terburuk dalam serangan dua tahun Moskow ke Ukraina.

Semenivka dekat dengan Ocheretyne, tempat pertempuran semakin intensif dan sebagian dilaporkan berada di bawah kendali Rusia.

Moskow selama berminggu-minggu telah menekankan keunggulannya di lini depan, sebuah upaya yang telah dipercepat dalam beberapa hari terakhir menjelang kedatangan senjata Amerika Serikat yang sangat dibutuhkan UKraina.

Perebutan desa-desa dekat Avdiivka oleh Moskow terjadi seiring panglima tertinggi Ukraina melaporkan pada hari Minggu lalu, bahwa situasi di garis depan "memburuk".

Pemerintah Ukraina selama berhari-hari telah memperingatkan akan memburuknya kondisi di garis depan. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan Moskow akan berusaha membawa pulang kemenangan menjelang liburan patriotik pada 9 Mei mendatang.

Lihat juga Video 'Kelompok Bersenjata Serang Pos Polisi di Rusia, 7 Orang Tewas-4 Luka':

[-]

(ita/ita)
Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-7316760/maju-terus-rusia-rebut-desa-di-ukraina-timur
Tokoh



Graph

Extracted

persons Volodymyr Zelensky,
ministries Polisi,
organizations Garis,
nations Amerika Serikat, Rusia, Ukraina,
places BANTEN, DKI Jakarta, Sumatera Utara,
cities Moskow, Serang,