5 Cara Menghilangkan Iklan di HP Android Secara Aman

  • 29 April 2024 17:22:22
  • Views: 2

TEMPO.CO, Jakarta - Dalam kebanyakan kasus, iklan yang muncul di ponsel (HP) Android disebabkan oleh instalasi aplikasi pihak ketiga. 

Iklan pop-up tidak berhubungan dengan kebijakan merek ponsel pintar (smartphone). Pasalnya, iklan menjadi sumber penghasil uang bagi pengembang aplikasi, sehingga semakin banyak iklan yang ditampilkan, maka semakin banyak keuntungan yang didapatkan. 

Namun, iklan bisa sangat mengganggu, terutama bila terus muncul di layar. Meskipun begitu, pengguna Android dapat menggunakan cara menghilangkan iklan di HP Android dengan aman.  

Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung via Mode Aman

Dilansir dari laman resminya, berikut langkah-langkah menghapus iklan di ponsel Samsung:

Matikan ponsel dengan menekan tombol power.Nyalakan kembali perangkat.Pada saat logo Samsung muncul, tekan dan tahan tombol volume turun.Jika dilakukan dengan benar, maka ponsel akan memasuki mode aman.Saat berada dalam mode aman, pergi ke pengaturan, lalu geser dan ketuk menu ‘Aplikasi’.Pengguna dapat menghapus atau memperbarui aplikasi yang mungkin menyebabkan iklan pop-up.Untuk membantu mencari aplikasi yang mungkin menampilkan iklan, maka pengguna dapat mengurutkan daftar aplikasi terbaru.Pilih aplikasi yang diinginkan, lalu ketuk ‘Copot pemasangan’.Nyalakan ulang (restart) ponsel dan periksa apakah iklan telah hilang. Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung via Notifikasi Aplikasi

Selain itu, pengguna HP Samsung juga dapat menghentikan iklan pop-up melalui pengaturan notifikasi aplikasi. Berikut caranya:

Buka menu pengaturan.Gulir layar hingga menemukan menu ‘Notifikasi’ dan ketuk.Pilih opsi ‘Notifikasi Aplikasi’.Ketuk semua, lalu saring daftar berdasarkan aplikasi yang terbaru.Matikan pemberitahuan untuk aplikasi yang mengganggu. Cara Menghilangkan Iklan di HP Android untuk Google Chrome

Selain di aplikasi pihak ketiga, iklan pop-up juga bisa muncul di peramban seperti Google Chrome. Berikut langkah-langkah untuk menonaktifkannya:

Buka aplikasi Google Chrome.Pilih ikon tiga titik atau ‘Lainnya’ di sudut kanan atas.Tekan ‘Pengaturan situs’.Buka ‘Pop-up dan pengalihan’.Geser tombol ke kiri untuk memblokir iklan dan pengalihan di Google Chrome. Cara Menghilangkan Iklan di HP Android via Pusat Iklan Saya

Iklan

Di situs Google, seperti YouTube, subdomain Google, dan situs lain yang bekerja sama dengan Google, pengguna akan disuguhi iklan yang dipersonalisasi. Pengguna dapat mengubah dan memblokir Google agar tidak menggunakan data pribadi dalam beriklan melalui situs Pusat Iklan Saya. 

Berikut cara menghentikan iklan Google hasil personalisasi di Android:

Buka situs https://myadcenter.google.com/ di Google Chrome.Pada menu pengaturan untuk iklan yang dipersonalisasi, pilih ‘Situs’.Tekan tombol matikan.Ketuk ‘Mengerti’ untuk mengonfirmasi perubahan. Cara Menghilangkan Iklan di HP Android via Home Screen

Berikut cara menghentikan iklan pop-up di layar beranda (home screen) Android:

Buka ‘Pengaturan’.Pilih menu ‘Aplikasi’.Ketuk ‘Akses aplikasi khusus’.Ketuk opsi ‘Tampilkan di aplikasi lain’.Ketuk aplikasi yang ingin dimatikan tampilan iklannya, lalu geser tombol ke kiri. 

MELYNDA DWI PUSPITA 

Pilihan Editor: Begini Cara Memblokir SMS Spam atau Penipuan


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1862059/5-cara-menghilangkan-iklan-di-hp-android-secara-aman
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google, YouTube,
places DKI Jakarta,
brands Samsung,
musicclubs iKON,