Peristiwa Hari Ini: Gelar Tinju Muhammad Ali Dicabut Usai Tolak Wamil

  • 29 April 2024 04:00:06
  • Views: 4

JAKARTA - Sejumlah peristiwa penting dan bersejarah terjadi pada 29 April dari tahun ke tahun. Beberapa peristiwa di antaranya gelar tinjiu Muhammad Ali dicabut usai menolak wajib militer (wamil) di Amerika Serikat.

Berikut ulasan singkat sejumlah peristiwa mendunia yang diringkas Okezone merujuk dari berbagai sumber:

1. Adolf Hitler Menikah Sebelum Akhirnya Bunuh Diri

Politisi Jerman sekaligus Ketua Partai Nazi, Adolf Hitler menikahi seorang perempuan Eva Anna Paula Braun di dalam bunker daerah Berlin pada 29 April 1945. Namun, pernikahan keduanya tidak berjalan lama, hanya sekira satu hari.

Keduanya meninggal usai bunuh diri. Bunuh diri keduanya dikabarkan agar tidak ditangkap oleh Angkatan Darat Merah. Mayat Adolf Hitler dan istrinya kemudian dibakar.

Kondisi Berlin saat itu dikabarkan memang sedang panas karena perang. Di mana, saat itu tentara merah Uni Soviet sudah banyak berada di Berlin. Usai Hitler meninggal, ia digantikan oleh Karl Donitz.

2. Gelar Tinju Muhammad Ali Dicabut Karena Menolak Wamil

Tepat pada 29 April 1967, Muhammad Ali menolak ikut wajib militer untuk Pasukan Militer Amerika Serikat, serta menentang keterlibatan Amerika dalam Perang Vietnam. Akibatnya, Ali diskors, dan gelar juaranya dicabut oleh Komisi Tinju.

Ia kemudian mengajukan banding ke Mahkamah Agung Amerika Serikat, yang membalikkan hukumannya pada tahun 1971. Pada saat itu, ia tidak bisa bertarung sama sekali selama hampir empat tahun dan kehilangan kinerja puncaknya sebagai atlet tinju.

3. Tembok Berlin Mulai Dihancurkan

Tembok Berlin, pemisah antara Jerman Barat dan Jerman Timur dihancurkan pada 29 April 1990. Sebenarnya, penghancuran tembok Berlin sudah dimulai sejak 9 November 1989, tetapi saat itu tembok ini tidak langsung dihancurkan keseluruhan.

Rezim Jerman Timur kembali mengumumkan bahwa mereka akan membuka 10 pintu perbatasan baru, termasuk di beberapa tempat bersejarah seperti Potsdamer Platz, Glienicker Brücke, dan Bernauer Straße.

Massa dari 2 sisi menunggu berjam-jam, bersorak-sorai ketika buldoser menghancurkan tembok ini. Pintu perbatasan baru terus dibuka sepanjang tahun 1990, termasuk di Gerbang Brandenburg tanggal 22 Desember 1989.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Topan Hebat Melanda Bangladesh, 138.000 Jiwa Tewas

Badai tropis hebat menghantam Chittagong, sebuah kawasan di sisi tenggara Bangladesh pada 29 April 1991, malam. Saat itu kekuatan angin tercatat mencapai 210-250 kilometer per jam.

Kekuatan angin itu kemudian menghasilkan gelombang setinggi 6 meter di Teluk Benggala yang mengarah menuju kawasan pesisir Bangladesh. Gelombang tersebut kemudian menghantam permukiman warga.

Akibatnya, sebanyak 138.000 jiwa dilaporkan tewas. Tak hanya itu, ratusan ribu orang lainnya juga turut mengalami luka-luka, dan menghancurkan hampir seluruh bangunan di pesisir Bangladesh.

5. Suriah Menarik Pasukan dari Lebanon

Pasukan Suriah dilaporkan mulai menarik pasukannya dari Lebanon pada 29 April 2005. Suriah menarik pasukannya setelah menduduki Lebanon selama sekira 29 tahun.

Tercatat, ada sekira 14.000 tentara Suriah yang ditarik dari Lebanon. Penarikan pasukan itu dilakukan setelah banyak negara melakukan pengecaman dan desakan terhadap Suriah atas perlakukan terhadap Lebanon.

6. Pangeran William menikahi Kate Middleton

Pada 29 April 2011 juga menjadi sejarah penting bagi Kerajaan Inggris. Pangeran William resmi menikah dengan Kate Middleton. Keduanya telah dikaruniai tiga orang anak, yakni Pangeran George, Putri Charlotte dan Pangeran Louis.


Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2024/04/28/337/3001835/peristiwa-hari-ini-gelar-tinju-muhammad-ali-dicabut-usai-tolak-wamil
Tokoh









Graph

Extracted

persons Badai, Kate Middleton, Muhammad Ali, Pangeran William,
companies Google,
ministries MA,
nations Amerika Serikat, Bangladesh, Inggris, Jerman, Lebanon, Suriah, Vietnam,
places DKI Jakarta,
cities Berlin,
cases mayat,
musicclubs APRIL,