Jemaah Haji di Arab Saudi Akan Dapat Vaksin Polio dari Yayasan Bill Gates

  • 29 April 2024 13:39:52
  • Views: 5

Riyadh -

Para jemaah haji yang berangkat ke Arab Saudi pada Juni mendatang akan mendapatkan vaksin polio dari Yayasan Bill & Melinda Gates. Pemberian vaksin polio itu menjadi bagian dari upaya pengendalian penyakit yang lebih luas, terutama untuk memberantas polio yang sempat mewabah di Saudi.

Seperti dilansir Bloomberg dan Al Arabiya, Senin (29/4/2024), Yayasan Gates menyatakan pihaknya akan membuka kantor regional di Riyadh untuk mengkoordinasikan kemitraan baru dengan Kementerian Kesehatan Arab guna meningkatkan pengawasan penyakit dan sanitasi.

Dalam pernyataan pada Minggu (28/4) waktu setempat, yayasan tersebut juga menyatakan akan membantu pembuatan vaksin berbiaya lebih rendah demi meningkatkan kesehatan dan keselamatan jutaan jemaah yang menjalankan ibadah haji.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Banyak wabah polio yang muncul di Saudi sebelumnya dikaitkan dengan ibadah haji di masa lalu, terutama di kota suci Makkah dan Madinah.

Penyakit polio yang menyebabkan kelumpuhan yang bisa mengancam nyawa ini nyaris diberantas tahun 2022, sebelum wabah baru muncul di Afrika dan seorang pria mengalami kelumpuhan di New York, Amerika Serikat (AS), pada tahun yang sama.

Penurunan jumlah kasus polio sepanjang tahun ini telah meningkatkan optimisme untuk menyelesaikan Inisiatif Pemberantasan Polio Global tahun 2026. Menurut Yayasan Gates, Saudi menjanjikan pendanaan sebesar US$ 500 juta (Rp 8,1 triliun) selama lima tahun ke depan untuk inisiatif yang berusia 36 tahun terakhir.

Pendanaan itu menjadikan komitmen finansial terhadap inisiatif yang diumumkan dalam pertemuan khusus Forum Ekonomi Dunia (WEF) yang digelar di Riyadh pekan ini, meningkat melebihi US$ 620 juta.

Simak berita selengkapnya di halaman selanjutnya.


Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-7315932/jemaah-haji-di-arab-saudi-akan-dapat-vaksin-polio-dari-yayasan-bill-gates
Tokoh





Graph

Extracted

persons Bill Gates, Melinda Gates,
companies Bloomberg,
topics haji, polio,
events Ibadah Haji,
products vaksin,
nations Amerika Serikat, Arab Saudi,
cities Madinah, New York, Riyadh,