Puting Beliung Terpa Kudus, Robohkan Bangunan dan Lukai Warga

  • 29 April 2024 08:50:27
  • Views: 10


Puting beliung yang terjadi pada Minggu (28/04) sekitar pukul 14.00 WIB itu juga nyaris merenggut jiwa Eka Rahmania (19), warga desa setempat, yang terluka parah akibat tertimpa reruntuhan bangunan.

Saat itu korban tengah jualan di warung yang ada di bangunan yang runtuh. Dan langsung dilarikan ke RS Mardi Rahayu Kudus. Bangunan yang masih dalam proses itu roboh disapu angin kencang.

Mustain, salah satu saksi, mengatakan, saat itu dia sedang mengerjakan bangunan yang roboh. Dia pun berlari menyelamatkan diri saat angin mulai berhembus kencang.

Dua rekan Mustain sesama tukang bangunan juga mengaku panik. Mereka yang tengah mengerjakan atap pun bergegas turun. Tak ingin tertimpa bangunan, mereka berdua lari menyelamatkan diri.

"Angin kencang hanya berlangsung sekitar 5 menit, tapi mampu memporak-porandakan bangunan yang baru dalam proses pengerjaan," kata Mustain, seperti dikutip dari Kantor Berita RMOLJateng.

Meski sejumlah tukang berhasil menyelamatkan diri, namun seorang tukang lainnya ikut terluka. Korban pun langsung dibawa ke Puskesmas.

Sementara itu, Toro, salah seorang relawan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, menambahkan, robohnya bangunan karena konstruksi belum benar-benar kokoh, sehingga mudah tersapu angin kencang.

"Memang ada tanda-tanda akan terjadi angin kencang. Karena itu para pekerja langsung menghentikan pekerjaan," kata Toro yang juga anggota Kecamatan Tangguh Bencana (Kencana) Kecamatan Dawe.

Dua korban yang terluka langsung dibawa ke Puskesmas untuk mendapatkan perawatan. Bencana serupa ternyata bukan hanya terjadi di Desa Kajar. Tapi juga menyasar Desa Besito, Kecamatan Gebog.

"Saat ini semua sudah tertangani, baik oleh Tim BPBD Kudus, warga dan relawan, serta petugas yang bergotong royong membersihkan puing-puing bangunan yang roboh," pungkasnya.

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.


Sumber: https://rmol.id/nusantara/read/2024/04/28/618430/puting-beliung-terpa-kudus-robohkan-bangunan-dan-lukai-warga
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
ministries BPBD,
topics Puting Beliung,
places JAWA TENGAH,
cities Kudus,