Roundup: Gempa Magnitudo 6,5 di Garut, Wilayah Bandung-Yogyakarta Ikut Bergetar

  • 29 April 2024 07:58:03
  • Views: 4

PIKIRAN RAKYAT - Kabar gempa mengguncang Garut, Jawa Barat pada Sabtu malam, 27 April 2024 sekira pukul 23.30 WIB. Informasi itu dibagikan akun X (Twitter) resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Disebutkan bahwa gempa tersebut tidak berpotensi tsunami meski kedalaman gempa mencapai 10 km. Pusat gempa tersebut berada di sebelah barat daya Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat.

"Gempa Mag:6.5, 27-Apr-24 23:29:47 WIB, Lok:8.42 LS,107.26 BT (151 km BaratDaya KAB-GARUT-JABAR), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami #BMKG," ujar akun X @infoBMKG pada Sabtu 27 April 2024.

Terasa sampai Bandung, Depok, dan Yogyakarta

Unggahan akun X BMKG tersebut dipenuhi banyak komentar warganet yang menyebut mereka turut merasakan getarannya. Bahkan ada yang melaporkan getaran sampai dirasakan di kawasan Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Jakarta Selatan (Jaksel) kencang banget," kata akun @**bbledeey.

"Bandung kenceng banget," ujar akun lainnya, @**elsadell.

"Sampai Jogja (Yogyakarta) lho. Kerasa banget kaum rebahan," tutur akun @**andhahas.

Tak hanya itu, kabar mengejutkan itu juga turut dirasakan warga Kota Depok. Hal ini diutarakan salah satu warga Kelurahan Pangkalan Jati, Kota Depok, Indah. Ia dan sang suami mengaku terkejut karena saat itu masih bersama anak di dalam kamar.

"Saya kira saya vertigo, sudah mau tidur, terus berasa antara gempa atau memang (saya) pusing," ujarnya kepada wartawan Pikiran Rakyat, Oktaviani.

"Saya bangun di depan, sudah ada warga juga yang berteriak 'Gempa, gempa!'" katanya melanjutkan.

Sebagian akses kereta api dihentikan

PT KAI (Kereta Api Indonesia) buka suara soal kabar gempa menjelang Minggu dini hari WIB, 28 April 2024 tersebut. Tujuannya adalah untuk melakukan pengecekan mengetahui jalur transportasi umum itu seperti jembatan maupun rel.

"Selamat malam, Kak, dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Imbas dari adanya gempa di Wilayah Kabupaten Garut yang dirasakan sebagian wilayah pulau jawa menyebabkan perjalanan KA Berhenti Luar Biasa, sehingga menunggu pengecekan jalur aman untuk melintas kembali ya," ujar akun X @KAI121 pada Sabtu 27 April 2024 pukul 11.58 WIB.

Informasi selaras disampaikan akun X Komunitas Sahabat Kereta, @sahabat_keretaa. Disebutkan bahwa akses kereta api di wilayah utara juga turut dihentikan untuk sementara waktu.

"Imbas gempa 6,5 di selatan Garut. 27 April 2024 Pukul 23.30 WIB, semua kereta yang melintas di Bekasi-Cirebon-Cikampek-Bandung-Banjar dihentikan di stasiun terdekat. Ini untuk pengecekan lintas dan jembatan oleh petugas di lapangan," ujar akun tersebut.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018018369/roundup-gempa-magnitudo-65-di-garut-wilayah-bandung-yogyakarta-ikut-bergetar?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Kai,
companies PT Kereta Api Indonesia, Twitter,
ministries BMKG,
organizations API,
topics Gempa, Tsunami,
nations Indonesia,
places DI YOGYAKARTA, DKI Jakarta, JAWA BARAT, KALIMANTAN SELATAN,
cities bandung, Banjar, Bekasi, Cirebon, Depok, Garut, Jati, Yogyakarta,
musicclubs APRIL,