BMKG Peringatkan Potensi Gelombang Tinggi Hingga 2.5 Meter di Sejumlah Perairan Indonesia

  • 28 April 2024 21:05:19
  • Views: 3

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada 28 - 29 April 2024.

Prakirawan BMKG, Benedictus Kushardian, mengatakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Timur laut - Timur dengan kecepatan angin berkisar 6 - 20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur Laut - Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8 - 25 knot. "Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Arafuru," ucap Benedictus melalui keterangan tertulis, Ahad, 28 April 2024.

Menurut Benedictus, kecepatan angin tersebut menyebabkan peningkatan gelombang setinggi 1,25 - 2,5 meter berpeluang terjadi di sejumlah perairan seperti barat Aceh, perairan Bengkulu - barat Lampung, Samudra Hindia Barat Pulau Sumatra, Selat Sunda bagian barat dan selatan, Laut Jawa bagian tengah dan timur, perairan selatan Pulau Jawa - Pulau Sumba, Selat Bali - Badung - Lombok - Alas bagian selatan, dan Papua Barat. 

Iklan

"Potensi gelombang tinggi di beberapa wilayah tersebut dapat berisiko terhadap keselamatan pelayaran," kata Benedictus. BMKG mengimbau masyarakat yang beraktivitas atau menggunakan transportasi laut selalu waspada: perahu nelayan saat kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 m, kapal tongkang (kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), kapal ferry (kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 m), dan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar (kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4,0 m). 


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1861732/bmkg-peringatkan-potensi-gelombang-tinggi-hingga-2-5-meter-di-sejumlah-perairan-indonesia
Tokoh



Graph

Extracted

persons Hindia,
ministries BMKG,
nations Indonesia,
places Aceh, BENGKULU, DKI Jakarta, LAMPUNG, PAPUA, PAPUA BARAT,
cities Badung, Lombok, Sumba,
musicclubs APRIL,