ITB Siap Gelar UTBK SNBT 2024, Peserta Disarankan Datang Pakai Angkutan Umum

  • 28 April 2024 21:13:18
  • Views: 4

TEMPO.CO, Jakarta - Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer pada Seleksi Nasional Berbasis Tes atau UTBK SNBT di Institut Teknologi Bandung (ITB) akan melayani 15.676 orang pendaftar ujian. Berlangsung selama dua gelombang, UTBK akan digelar serentak mulai Selasa 30 April 2024. “Kesiapan sudah seratus persen,” kata Kepala Biro Komunikasi dan Hubungan Masyarakat ITB  Naomi Haswanto, Ahad 28 April 2024.

Selain di laboratorium komputer yang tersebar di kampus utama Jalan Ganesha Bandung, ITB pun bermitra dengan SMAN 3 dan 5 yang sekolahnya berdempetan. Kapasitas peserta yang ujian per sesi sebanyak 1.050 orang. Setiap hari ujian berlangsung dalam dua sesi yaitu pagi dan siang. Gelombang pertama UTBK mulai dari 30 April - 7 Mei 2024, kemudian gelombang kedua sejak 14 -20 Mei 2024.

Kendaraan yang digunakan peserta ujian menurut Naomi hanya boleh menurunkan penumpang di sekitar kampus. “Sangat disarankan peserta menggunakan kendaraan umum atau daring,” ujarnya. Adapun yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor diharuskan parkir di area gedung Sasana Budaya Ganesha atau Sabuga dan Sarana Olahraga di sekitarnya.

ITB melarang peserta memarkir kendaraan di jalan sekitar kampus. “Agar menghindari kemacetan di kawasan ITB Kampus Ganesha,” kata Naomi. Begitu juga aturan di sekolah mitra lokasi ujian. Peserta disarankan untuk mencari tempat parkir di luar kawasan sekitar sekolah.

Iklan

Dalam panduannya yang lain, ITB mewajibkan peserta UTBK untuk mengetahui ruang dan lokasi ujian sehari sebelum tes. Kemudian membawa kartu tanda peserta ujian, fotokopi ijasah sekolah akhir atau surat keterangan lulus dari kepala sekolah yang dilegalisir. Peserta juga diwajibkan datang bersepatu dan tidak memakai kaos. Peserta wajib datang di lokasi paling lambat 30 menit sebelum ujian dimulai. Peserta yang terlambat akan dilarang ikut UTBK.    

Saat di kelas, peserta diminta membaca petunjuk mengerjakan ujian, memasukkan nomor peserta dan PIN ujian. Peserta dilarang menanyakan jawaban ke siapa pun, berkomunikasi atau bekerjasama dengan peserta lain maupun pihak luar. Atas seizin pengawas, peserta bisa meninggalkan ruangan saat ujian masih berlangsung. Setiap pelanggaran tata tertib UTBK akan mengakibatkan ujian yang diikuti peserta dibatalkan.

Pilihan Editor: 8 Kampus Swasta yang Menyediakan Beasiswa Pakai Skor UTBK SNBT


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1861737/itb-siap-gelar-utbk-snbt-2024-peserta-disarankan-datang-pakai-angkutan-umum
Tokoh

Graph

Extracted

institutions ITB,
places DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities bandung,
cases Kemacetan,
transportations sepeda,
musicclubs APRIL,