Gempa Hari Ini Minggu 28 April 2024 di Indonesia, Getarkan Wilayah Melonguane Sulut Bermagnitudo 3,9

  • 28 April 2024 19:40:00
  • Views: 4

Liputan6.com, Jakarta - Di akhir pekan, Minggu (28/4/2024) Indonesia kembali digetarkan lindu. Hingga pukul 19.30 WIB, hanya ada satu kali gempa hari ini terjadi di Bumi Pertiwi.

Keseluruhan informasi gempa ini seperti dilaporkan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Lindu di Indonesia tersebut menggetarkan pagi tadi pukul 06:35:50 WIB, tepatnya di wilayah Melonguane, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Pusat gempa berada di laut 30 kilometer tenggara Melonguane.

"Episenter lindu berada pada koordinat titik 3.73 Lintang Utara (LU) dan 126.72 Bujur Timur (BT)," terang BMKG.

Gempa bumi tersebut dilaporkan BMKG memiliki kekuatan magnitudo 3,9 dengan kedalaman 25 kilometer. Lindu dirasakan MMI (Modified Mercalli Intensity) II-III di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Apa Itu Gempa Bumi?

Untuk diketahui, gempa bumiĀ adalah bencana alam yang bersifat merusak. Fenomena ini bisa terjadi setiap saat dan berlangsung dalam waktu singkat. Dan Indonesia termasuk wilayah rawan akan bencana gempa.

Gempa bumi adalah bencana yang bisa menyebabkan kerugian nyawa dan materil.

Menurut WHO, secara global gempa bumi menyebabkan 750 ribu kematian selama kurun 1998-2017. Lebih dari 125 juta orang terkena dampak gempa bumi selama periode ini.

Tanggap Bencana Gempa Bumi

Meski tak bisa dicegah, gempa bumi adalah bencana yang bisa dihadapi. Salah satu cara menghadapi gempa bumi adalah tanggap akan bencana gempa bumi.

Contoh tanggap gempa bumi adalah mengetahui prosedur evakuasi dan mematuhi pedoman keselamatan ketika bencana ini datang.

Menurut BNPB, gempa bumi adalah getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi yang disebabkan oleh tumbukan antar lempeng bumi, patahan aktif, akitivitas gunung api atau runtuhan batuan.

Menurut BMKG, gempa bumi adalah peristiwa bergetarnya bumi akibat pelepasan energi di dalam bumi secara tiba-tiba yang ditandai dengan patahnya lapisan batuan pada kerak bumi.

Menurut WHO, gempa bumi adalah guncangan hebat dan tiba-tiba dari tanah, yang disebabkan oleh pergerakan antara lempeng tektonik di sepanjang garis patahan di kerak bumi. Gempa bumi dapat mengakibatkan goncangan tanah, likuifaksi tanah, tanah longsor, retakan, longsoran, kebakaran dan tsunami.

Dahsyatnya Dampak Gempa Malang Jatim


Sumber: https://www.liputan6.com/news/read/5583616/gempa-hari-ini-minggu-28-april-2024-di-indonesia-getarkan-wilayah-melonguane-sulut-bermagnitudo-39
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BMKG, BNPB,
organizations API, Garis,
ngos WHO,
topics Gempa, Gempa Malang, longsor, Tsunami,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR, SULAWESI UTARA,
cities Gunung, Malang,
cases kebakaran,
musicclubs APRIL,