Menyelamatkan Danau untuk Masa Depan, Indonesia Mendorong Penetapan Hari Danau Sedunia di World Water Forum ke-10

  • 28 April 2024 22:50:16
  • Views: 2

SUARAMERDEKA.COM - World Water Forum ke-10, yang akan digelar di Bali pada 18-25 Mei 2024, menjadi panggung bagi Indonesia untuk memperjuangkan penetapan Hari Danau Sedunia.

Langkah ini merupakan salah satu dari empat usulan yang dibawa Indonesia untuk dijadikan resolusi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Wakil Ketua Sekretariat Panitia Penyelenggara Nasional World Water Forum ke-10, Endra S Atmawidjaja, mengungkapkan pentingnya penetapan Hari Danau Sedunia sebagai respons terhadap kondisi kritis danau-danau di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Baca Juga: World Water Forum ke-10 Dorong Peningkatan Prediksi Cuaca di Indonesia, Mitigasi Bencana dan Ketahanan Pangan Jadi Fokus Utama!

"Kami ingin mengagendakan adanya World Lake Days atau Hari Danau Sedunia. Ini yang kami usulkan lewat mekanisme Sidang Umum PBB yang nantinya putusan tersebut dapat diangkat menjadi resolusi PBB," ujar Endra dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (28/4/2024).

Dorongan ini didasarkan pada peran penting danau sebagai sumber air yang krusial bagi keberlangsungan hidup manusia dan ekosistem.

Endra menekankan perlunya menjaga dan merawat danau sebagai tampungan air alami agar ketersediaan air untuk seluruh masyarakat dunia terpenuhi.

Baca Juga: Meski Tidak Picu Tsunami dan Likuifaksi, Badan Geologi Catat Sejarah Gempa Garut

Pemerintah Indonesia telah menyiapkan rancangan Deklarasi Bali yang akan menjadi landasan bagi upaya nyata pasca-World Water Forum ke-10.

Salah satu target utamanya adalah penetapan Hari Danau Sedunia melalui resolusi PBB, bersama dengan pembentukan Centre of Excellence on Water and Climate Resilience.

Selain itu pengarusutamaan isu pengelolaan air untuk negara-negara berkembang di pulau-pulau kecil.

Baca Juga: 53 Kelompok Meriahkan Kirab Budaya HUT Ke-503 Kabupaten Semarang

Sebelumnya, Ketua Sekretariat Panitia Nasional Penyelenggara World Water Forum ke-10, Mohammad Zainal Fatah, menyatakan bahwa deklarasi tingkat menteri telah mencapai tahap draf final dan siap untuk dibahas dalam forum tersebut.

"Kami sudah tahap draf final yang sudah mereka setujui dan dengan cara itu nanti saat forum, tinggal deklarasi bahwa ini menjadi komitmen bersama," ungkapnya.

Dorongan Indonesia untuk penetapan Hari Danau Sedunia juga didukung oleh World Water Council dan Unesco.

Baca Juga: Kumpulan Puisi Karya Syafiq Rahman

Rangkaian forum pertemuan menuju acara puncak World Water Forum ke-10 telah diselenggarakan untuk memastikan sinergi dalam upaya menjadikan air sebagai sarana menuju kemakmuran bersama.

 

 


Sumber: https://www.suaramerdeka.com/nasional/0412536539/menyelamatkan-danau-untuk-masa-depan-indonesia-mendorong-penetapan-hari-danau-sedunia-di-world-water-forum-ke-10?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Mohammad Zainal Fatah,
parties PBB,
topics Gempa, Tsunami,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT, JAWA TENGAH,
cities Garut, Semarang,