Prabowo Sibuk Otak-atik Menteri Kabinet, Gibran Bebaskan Ketum Parpol Atur Koalisi

  • 28 April 2024 19:47:24
  • Views: 4

PIKIRAN RAKYAT – Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani buka suara soal kabinet yang akan dipimpin oleh presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Muzani menyebut Prabowo masih sibuk mengotak-atik nama menteri yang akan mengisi pemerintahannya.

"Sudah dibicarakan, sudah diotak-atik, sudah dirancang karena kebutuhan menteri berdasar dengan kebutuhan pemerintah yang akan datang,” kata Muzani di kediaman Prabowo, Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Muzani belum bisa mengumumkan sosok-sosok yang menjadi calon jadi menteri Prabowo, sebab perubahan masih bisa terjadi bergantung program kerja yang menjadi prioritas mereka.

“Kebutuhan pemerintah yang akan datang itu bergantung kepada perencanaan program kerja pemerintah yang akan datang, sehingga itu sedang di-breakdown oleh Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka,” ujarnya.

Diketahui, Prabowo-Gibran dan para ketua umum parpol Koalisi Indonesia Maju (KIM) mulai menyusun kabinet usai penetapan presiden dan wakil presiden dilakukan oleh KPU pada Rabu, 24 April 2024 lalu.

Serahkan ke Ketum Koalisi

Sementara Gibran Rakabuming Raka mengaku menyerahkan keputusan siapa yang akan menjadi koalisi maupun oposisi kepada para ketua umum partai politik pendukungnya. Gibran mengaku terbuka dengan parpol pendukung 01 dan 03 yang ingin bergabung dengan kabinetnya nanti. Sebaliknya, dia juga tidak keberatan jika mereka bersikukuh menjadi oposisi.

“Itu keputusannya ada di para ketua-ketua umum, bukan di saya,” kata Gibran di Balai Kota Solo, Selasa, 23 April 2024.

Namun, Gibran menegaskan jika dalam sejumlah kesempatan dia maupun Prabowo Subianto berkunjung ke tokoh 01 dan 03, pertemuan tersebut tidak serta merta membahas kursi menteri. Dia hanya ingin menepati janjinya untuk merangkul semua pihak.

“Intinya yang namanya merangkul, bersilaturahmi bukan berarti terus masuk kabinet,” ujarnya.

Setelah menghadiri penetapan wakil presiden terpilih nanti, Gibran berencana langsung sowan ke tokoh 01 dan 03.

“Ditunggu saja. Nanti setelah (ke kantor) KPU, kami akan menemui tokoh-tokoh yang kemarin belum sempat kita temui. Kan tujuannya untuk silaturahmi,” kata Gibran.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018019088/prabowo-sibuk-otak-atik-menteri-kabinet-gibran-bebaskan-ketum-parpol-atur-koalisi?page=all
Tokoh







Graph

Extracted

persons Ahmad Muzani, Gibran Rakabuming Raka, Prabowo,
ministries KPU,
parties Gerindra,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TENGAH,
cities Kebayoran Baru, Solo,
musicclubs APRIL,