Polisi Bubarkan Kemah Demo Pro-Palestina di 3 Kampus AS, 200 Orang Ditahan

  • 28 April 2024 12:59:25
  • Views: 4

Jakarta -

Polisi membubarkan kemah-kemah demonstran pro-Palestina di tiga kampus di Amerika Serikat (AS). Hampir 200 orang demonstran ditahan polisi.

Dilansir AFP, Senin (28/4/2024), peristiwa berlangsung pada Sabtu (27/4) waktu setempat.

Di Pantai Timur, polisi di Boston menahan sekitar 100 orang saat membubarkan kemah para demonstran di Universitas Northeastern. Pembubaran kemah ini berlangsung dengan rusuh. Tenda-tenda demonstran diangkut ke truk.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Penertiban ini dilakukan aparat setempat lantaran, kata aparat, para demonstran menyerukan kata-kata antisemitik termasuk, "Bunuh Yahudi." Hal ini disampaikan pihak rektorat Universitas Northeastern lewat akun media sosial X.

Pihak Universitas Northeastern mengatakan demonstrasi awalnya digelar oleh mahasiswa pada dua hari sebelumnya. Namun belakangan, demonstrasi disusupi oleh penggerak profesional tanpa afiliasi ke Universitas Northeastern.

"Mereka yang menolak mengungkap keterkaitan (afiliasi) mereka akan ditangkap," kata pihak kampus.

Di Universitas Negeri Arizona atau Arizona State University (ASU), polisi menangkan 69 orang karena menerobos wilayah setelah sekelompok orang menduduki secara tidak berhak wilayah kampus itu, dengan cara mendirkan kemah.

Pernyataan resmi dari Negara Bagian Arizona menyatakan bahwa kebanyakn demonstran bukanlah mahasiswa ASU (Arizona State University), bukan juga pengajar atau staf.

Di Universitas Indiana, polisi menangkap 23 orang saat mereka menertibkan area kampus itu. Kemah-kemah dibubarkan. Polisi menggunakan tameng, tongkat pukul, dan perlengkapan anti-huru-hara. Polisi menjatuhkan mereka yang tidak mau beranjak.

Para aktivis kampus menyerukan gencatan senjata di Jalur Gaza. Selain tiga kampus di atas, masih banyak lagi kampus-kampus lain di AS, bahkan Eropa, yang menggelar demo anti-Zionis.

(dnu/imk)
Sumber: https://news.detik.com/internasional/d-7314504/polisi-bubarkan-kemah-demo-pro-palestina-di-3-kampus-as-200-orang-ditahan
Tokoh

Graph

Extracted

ministries Polisi,
nations Amerika Serikat, Jalur Gaza, Palestina,
places DKI Jakarta,