Analisis BMKG Terkait Gempa M6,5 Guncang Garut

  • 28 April 2024 02:08:47
  • Views: 4

JAKARTA - Gempa bumi dengan magnitudo (M) 6,5 mengguncang Barat Daya Kabupaten Garut, Jawa Barat pada Sabtu (27/4/2024) malam. BMKG menyebut gempa itu terjadi adanya aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat.

Gempa itu terjadi pada pukul 23.29 WIB pada koordinat 8,39° LS ; 107,11° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 156 Km arah Barat Daya Kab. Garut, Jawa Barat pada kedalaman 70 km.

 BACA JUGA:

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat adanya aktivitas deformasi batuan dalam lempeng Indo-Australia yang tersubduksi di bawah lempeng Eurasia di selatan Jawa barat atau populer disebut sebagai gempa dalam lempeng,” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Daryono dalam keterangannya, Minggu (28/4/2024).

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust Fault),” sambung dia.

 BACA JUGA:

BMKG mencatat gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Sukabumi dan Tasikmalaya dengan skala intensitas IV MMI. Jika pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Sementara, untuk daerah Bandung dan Garut dengan skala intensitas III-IV MMI yang mana jika siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

“Untuk daerah Tangerang, Tangsel, Bogor, DKI Jakarta, Kebumen, Banyumas, Cilacap dan Purwokerto dengan skala intensitas III MMI, Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu,” ujar dia.

“Daerah Bantul, Sleman, Kulonprogo, Trenggalek, Malang dengan skala intensitas II MMI, Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang,” sambung dia.

Lebih jauh, ia mengatakan, hingga pukul 23.55 WIB berdasarkan hasil monitoring BMKG belum menunjukan adanya aktivitas gempa susulan.


Sumber: https://nasional.okezone.com/read/2024/04/28/337/3001555/analisis-bmkg-terkait-gempa-m6-5-guncang-garut
Tokoh

Graph