Aksi Heroik Dokter TNI AL, Bantu Ibu Melahirkan Darurat di Kapal Laut

  • 28 April 2024 10:44:43
  • Views: 3

JAKARTA, iNews.id - Ibu hamil bernama Stella Senggihilang (22) mendadak harus melahirkan secara darurat di Kapal Motor (KM) Mercy Teratai saat dalam perjalanan dari Manado menuju Tahuna pada Rabu (24/4/2024). Beruntung, ada prajurit TNI Angkatan Laut, Letda Laut (K) dr. Riezqi Bakrie yang menaiki kapal tersebut.

Persalinan darurat pun dapat dilakukan di kapal dengan dibantu dokter TNI AL tersebut. 

Baca Juga

Maling Motor di Pademangan Nyaris Diamuk Massa, Beruntung Ditolong Anggota TNI

Peristiwa berawal saat KM Mercy Teratai yang berlayar menuju Tahuna mengumumkan ada ibu hamil yang membutuhkan pertolongan medis dan mencari dokter atau tenaga medis yang bersedia membantu persalinan.

"Letda Laut (K) dr. Riezqi Bakrie, personel Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Tahuna yang kebetulan selesai melaksanakan cuti mencoba memeriksa keadaan ibu hamil tersebut," tulis keterangan Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal), Jumat (26/4/2024). 

Baca Juga

3 Perwira TNI AD Raih Gelar Doktor di UGM, Lulus Cumlaude

Dari pemeriksaan medis, diketahui ketuban sudah pecah 10 menit sebelumnya dan bukaan rahim sudah lengkap. Kepala bayi juga sudah teraba di jalan lahir.

"Dengan sigap Letnan Riezqi langsung berkoordinasi dengan kapten kapal dan RS di pulau terdekat untuk melaksanakan evakuasi jika persalinan terdapat kendala," katanya.

Editor : Reza Fajri


Sumber: https://www.inews.id/news/nasional/aksi-heroik-dokter-tni-al-bantu-ibu-melahirkan-darurat-di-kapal-laut
Tokoh

Graph

Extracted

ministries TNI, TNI AD, TNI AL,
institutions UGM,
places DKI Jakarta,
cities Manado, Pademangan,
cases Maling,