Gempa M6,5 Garut, 2 Warga Luka-Luka Tertimpa Atap Rumah

  • 28 April 2024 04:56:00
  • Views: 4

GARUT - Sebanyak dua orang warga Kabupaten Garut dilaporkan mengalami luka akibat tertimpa material atap rumah akibat gempa M6,5 yang mengguncang Sabtu (27/4/2024), pukul 23.29 WIB malam. Kedua korban berdomisili di wilayah Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

“Sementara ada dua warga yang mengalami luka akibat gempa,” kata Kepala Bidang SDM Satpol PP Kabupaten Garut, TB Agus Sofyan, Minggu (28/4/2024) dini hari.

Dia menyebut kedua warga yang mengalami luka terdiri dari seorang anak dan pria dewasa. Keduanya saat ini tengah menjalani perawatan di Puskesmas Pameungpeuk.

BACA JUGA:

Sinabang Aceh Diguncang Gempa M3,5 

"Infonya tertimpa material atap rumah. Sedang dirawat di Puskesmas Pameungpeuk," ujarnya.

TB Agus mengungkapkan pihaknya masih menunggu informasi lengkap perihal domisili para korban, berikut detail kerusakan rumah yang mereka alami. Selain rumah, guncangan gempa juga dilaporkan merusak RSUD Pameungpeuk.

 BACA JUGA:

"Iya betul, RSUD Pameungpeuk kami dapat informasi mengalami kerusakan di beberapa bagian akibat gempa yang terjadi. Belum ada laporan resminya, tapi dari foto yang kami terima sejumlah ruang rawat inap mengalami kerusakan,” paparnya.

Sementara itu, koordinator satpam RSUD Pameungpeuk, Fahmi Nugraha, menyebut dampak gempa membuat material atap plafon salah satu ruangan rawat inap di lantai dua rumah sakit tersebut rusak. Beruntung, tidak ada pasien yang menjalani perawatan di ruangan tersebut.

"Kerusakan atap, ada bata terjatuh. Tidak ada korban karena kebetulan Ruang Cendana di lantai dua rumah sakit ini kosong," ujar Fahmi Nugraha.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Garut Aah Anwar sebelumnya menyatakan pihaknya dalam kondisi siaga pasca gempa bumi yang terjadi. Ia menjelaskan BPBD masih melakukan pengecekan dan pendataan di seluruh wilayah Kabupaten Garut terkait dampak gempa secara umum.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Seperti diketahui, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan gempa berkekuatan M 6.5 ini berpusat di 151 KM Barat Daya Garut itu tidak berpotensi tsunami. Pusat gempa yang berlokasi pada koordinat 8.42 LS-107.26 BT itu berada di kedalaman 10 km.

Adapun BMKG menyebut beberapa daerah yang juga merasakan dampak gempa selain Garut adalah Sukabumi, Bandung, Tangerang, Tasikmalaya, Bogor, Jakarta, Kebumen, Banyumas, Cilacap, Bantul, Sleman, Kulonprogo, Trenggalek, dan Malang.


Sumber: https://news.okezone.com/read/2024/04/28/525/3001572/gempa-m6-5-garut-2-warga-luka-luka-tertimpa-atap-rumah
Tokoh



Graph