Wilayah Seluas 200,29 Km2 Ini Memilih Angkat Kaki dari Kabupaten Bogor demi Bentuk Kota Baru, Kini Berkembang Pesat

  • 27 April 2024 22:42:35
  • Views: 3

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Inilah kota yang dulunya merupakan sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, namun lebih memilih berpisah dan kini telah berkembang pesat.

Kota ini berbatasan langsung dengan Jakarta, sehingga ikut tumbuh menjadi kota metropolitan yang ramai dan memiliki pusat perbelanjaan yang cukup populer. Bahkan selain itu, di kota ini telah berdiri sebuah kampus ternama.

Luas wilayahnya mencapai 200,29 Km2, kini di kota tersebut telah berdiri sebanyak 11 kecamatan dan 63 kelurahan. Sedangkan awal mula berdiri hanya terdapat 3 kecamatan dan 17 desa.

Baca Juga: Punya Rekam Jejak Bagus, 4 Tokoh Ini Dianggap Sosok yang Berpeluang Menjadi Calon Bupati Bogor 2024

Kota yang dahulu berada di wilayah Parung Kabupaten Bogor ini menjadi penyangga Kota Jakarta. Sehingga kota ini kerap diarahkan menjadi kota pemukiman. Selain itu, kota ini juga menjadi pusat pelayanan perdagangan dan jasa, pariwisata, pendidikan, hingga menjadi kota resapan air.

Kota ini terus mengalami perkembangan pesat, mulai dari bidang Pemerintahan, Pembangunan hingga Kemasyarakatan. Sehingga hal itu menyebabkan kota ini terus mengalami pemekaran kecamatan dan mengalami perubahan dengan pembangunan yang terus bergeliat.

Dikutip dari beberapa sumber, Kota hasil pemekaran dari Kabupaten Bogor ini adalah yang kini dikenal dengan nama Kota Depok dan wilayahnya yang berbatasan langsung dengan Jakarta.

Pada saat statusnya menjadi kecamatan, tepatnya tahun 1976, Depok membangun sebuah kampus ternama yang kini dikenal dengan nama Universitas Indonesia (UI) dan juga sebuah perumahan oleh Perum Perumnas.

Baca Juga: 7 Kabupaten Baru di Sumatera Segera Terbentuk di Provinsi Ini, Cek Nama Daerahnya

Kemudian kota ini diangkat statusnya menjadi Kota Administratif. Setelah itu, tepatnya pada 20 April 1999 kota ini kembali naik status menjadi Kotamadya. Hal itu berdasarkan dalam UU No 15 Tahun 1999, Depok resmi menjadi Kotamadya Daerah Tingkat II dan Kotamadya daerah Tingkat II Cilegon.

Pada awalnya Depok hanya terdiri dari 3 Kecamatan dan 17 Desa. Seiring berjalannya waktu, tepatnya 17 tahun kemudian Kota Depok terus mengalami perkembangan yang pesat dan terus mengalami pemekaran kecamatan sehingga menjadi terdiri dari 3 Kecamatan dan 23 Kelurahan.

Kini Kota Depok telah berusia 25 tahun sebagai kota di Jawa Barat yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Bogor.

Demikian informasi terkait Kota Depok yang menjadi hasil pemekaran sejak 25 tahun yang lalu.


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912519942/wilayah-seluas-20029-km2-ini-memilih-angkat-kaki-dari-kabupaten-bogor-demi-bentuk-kota-baru-kini-berkembang-pesat?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Ade Yasin,
institutions Universitas Indonesia,
topics kota metropolitan,
nations Indonesia,
places BANTEN, DKI Jakarta, JAWA BARAT, KALIMANTAN SELATAN,
cities Bogor, Cilegon, Depok,
musicclubs APRIL,