Banten Diguncang Gempa Magnitudo 4,8, Begini Penjelasan BMKG

  • 27 April 2024 22:11:38
  • Views: 3

Jakarta: Gempa berkekuatan magnituo 4,8 mengguncang wilayah Banten dan sekitarnya, Sabtu, 27 April 2024. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pukul 15.27 WIB. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan episenter gempa pada koordinat 7.14 LS dan 105.35 BT. Pusat gempa berlokasi di laut pada jarak 58 km Barat Daya Sumur, Banten, pada kedalaman 10 kilometer. "Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar bawah laut," kata Daryono, Sabtu, 27 April 2024. Menurut dia, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Lebak dengan skala intensitas III MMI. Kemudian di Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta Selatan, Bogor dengan Skala Intensitas II - III MMI. Sedangkan di Sukabumi, dengan skala intensitas II MMI. "Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," ujar dia. Hingga pukul 16:05 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempa bumi susulan yaitu pada pukul 15:47 WIB dengan kekuatan magnitudo 3,3. 

Jakarta: Gempa berkekuatan magnituo 4,8 mengguncang wilayah Banten dan sekitarnya, Sabtu, 27 April 2024. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa terjadi pukul 15.27 WIB.
 
Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan episenter gempa pada koordinat 7.14 LS dan 105.35 BT. Pusat gempa berlokasi di laut pada jarak 58 km Barat Daya Sumur, Banten, pada kedalaman 10 kilometer.
 
"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar bawah laut," kata Daryono, Sabtu, 27 April 2024.
Menurut dia, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Lebak dengan skala intensitas III MMI.
 
Kemudian di Tangerang, Tangerang Selatan, Jakarta Selatan, Bogor dengan Skala Intensitas II - III MMI. Sedangkan di Sukabumi, dengan skala intensitas II MMI.
 
"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," ujar dia.
 
Hingga pukul 16:05 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan adanya 1 aktivitas gempa bumi susulan yaitu pada pukul 15:47 WIB dengan kekuatan magnitudo 3,3. 
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(AGA)


Sumber: https://www.medcom.id/nasional/peristiwa/ybJ0BEmK-banten-diguncang-gempa-magnitudo-4-8-begini-penjelasan-bmkg
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
ministries BMKG,
topics Gempa, Tsunami,
places BANTEN, DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bogor, Sukabumi, Tangerang,
musicclubs APRIL,