Makin Bertambah Banyak, Ini 11 Calon Kabupaten Kota Baru di Pulau Sumatera, Sudah Diusulkan Mekar

  • 27 April 2024 21:35:48
  • Views: 155

 

LENGKONG - AYOBANDUNG.COM - Berdasarkan kabar yang beredar, terdapat 11 calon kabupaten kota di Pulau Sumatera.

Jika 11 calon kabupaten kota baru ini jadi maka di Pulau Sumatera akan banyak sekali kabupaten kotanya.

Berikut ini nama-nama calon kabupaten kota baru di Pulau Sumatera dimana kabarnya sudah diusulkan untuk segera dimekarkan.

1. Kabupaten Simalungun Hantaran

Calon kabupaten pertama yang dikabarkan siap mekar yakni Kabupaten Simalungun Hantaran.

Kabupaten ini kabarnya sudah diusulkan dimekarkan dari Kabupaten Simalungun.

Untuk wilayahnya sendiri meliputi Kecamatan Siantar, Kecamatan Gunung Maligas, Kecamatan Gunung Malela, Kecamatan Dolok Batunanggar, Kecamatan Pematang Bandar.

Selain itu ada juga kecamatan lain seperti Kecamatan Bandar Huluan, Kecamatan Bandar Masilam, Kecamatan Bandar, Kecamatan Ujungpandang, Kecamatan Bosar Maligas akan masuk di dalamnya.

Termasuk Kecamatan Hutabayu Raja, kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi, Kecamatan tapian Dolok, Kecamatan tanah Jawa dan Kecamatan Hatonduhan juga masih akan menjadi bagian kabupaten itu.

2. Kabupaten Pantai Barat Mandailing

Calon kabupaten selanjutnya yang dikabarkan siap mekar yakni Kabupaten Pantai Barat Mandailing.

Kabupaten ini diusulkan agar dimekarkan dari Kabupaten Mandailing Natal dengan cakupan wilayahnya yaitu Kecamatan Natal, Kecamatan Batahan, Kecamatan Muara Batang Gadis.

Kecamatan Sinunukan, Kecamatan Lingga Bayu dan Kecamatan Rantau Baek juga akan dimasukkan dalam kabupaten itu.

3. Kabupaten Indragiri Selatan

Calon kabupaten lain yang dikabarkan siap mekar di Pulau Sumatera yakni Kabupaten Indragiri Selatan.

Kabarnya diusulkan supaya dimekarkan dari Kabupaten Indragiri Hilir, untuk wilayahnya yang nanti masuk ke kabupaten itu seperti Kecamatan Keritang, Kecamatan Reteh, Kecamatan Keritang, Kecamatan Kemuning, Kecamatan Tanah Merah, Kecamatan Enok dan Kecamatan Sungai Batang.

4. Kabupaten Kundur

Calon kabupaten ke empat yang dikabarkan siap mekar yakni Kabupaten Kundur dan kabarnya sudah diusulkan untuk dimekarkan dari Kabupaten Karimun.

Cakupan wilayah kabupaten ini diantaranya adalah Kecamatan kundur, Kecamatan kundur Barat, Kecamatan Kundur Utara, Kecamatan Belat, Kecamatan Ungar dan Kecamatan Durai.

5. Kabupaten Natuna Barat

Calon kabupaten selanjutnya yang dikabarkan siap mekar di Pulau Sumatera yakni Kabupaten Natuna Barat.

Kabupaten ini diusulkan untuk segera dimekarkan dari Kabupaten Natuna dan wilayah yang menjadi bagian kabupaten itu Kecamatan Bunguran Barat, Kecamatan Bunguran Batubi.

Kecamatan Bunguran Utara, Kecamatan Pulau Laut, Kecamatan Pulau Tiga dan Kecamatan Pulau Tiga Barat juga diusulkan masuk dalam kabupaten tersebut.

6. Kabupaten Natuna Selatan

Calon kabupaten selanjutnya yang dikabarkan siap mekar di Pulau Sumatera yakni Kabupaten Natuna Selatan.

DImana kabupaten ini diusulkan dimekarkan dari kabupaten Natuna dan yang akan masuk wilayahnya diantaranya Kecamatan Midai, Kecamatan Suak Midai, Kecamatan Serasan, Kecamatan Serasan Timur dan Kecamatan Subi.

7. Kabupaten Renah Indojati

Calon kabupaten selanjutnya yang dikabarkan siap mekar di Pulau Sumatera yakni Kabupaten Renah Indojati.

Berdasarkan kabar yang beredar, kabupaten ini diusulkan dimekarkan dari kabupaten Pesisir Selatan.

Untuk wilayahnya sendiri mencakup Kecamatan Pancung Soal, Kecamatan Airpura, Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan, Kecamatan Renah Ampek Hulu Tapan, Kecamatan Lunang dan juga Kecamatan silaut.

8. Kota Muara Bungo

Kota Muara Bungo merupakan salahsatu calon kota yang dikabarkan siap mekar di Pulau Sumatera.

Kota ini rencananya akan dimekarkan dari Kabupaten Bungo dan yang menjadi bagian kota ini adalah Kecamatan Gunung Dani, Kecamatan Bathin II Babeko, Kecamatan Bathin III, Kecamatan Pasar Muara Bungo dan juga Kecamatan Rimbo Tengah.

9. Kabupaten Lembak

Calon kabupaten selanjutnya yang dikabarkan siap mekar di Pulau Sumatera yakni Kabupaten Lembak.

Kabupaten ini merupakan usulan pemekaran dari kabupaten Rejang Lebong dan meliputi Kecamatan Kota Padang, Kecamatan Sindang Beliti Hilir, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kecamatan Sindang Beliti Ulu, Kecamatan Binduriang, Kecamatan Sindang dataran dan Kecamatan Sindang kelingi.

10. Kabupaten Kikim Area

Calon kabupaten selanjutnya yang dikabarkan siap mekar di Pulau Sumatera yakni Kabupaten Kikim Area.

Menurt informasi yang beredar, kabupaten ini diusulkan untuk dimekarkan dari Kabupaten Lahat.

Nantinya wilayahnya ini akan mencakup Kecamatan Kikim Timur, Kecamatan Kikim Tengah, Kecamatan Kikim Barat, Kecamatan Kikim Selatan dan Kecamatan pseksu.

11. Kabupaten Pantai Timur

Calon kabupaten terakhir yang dikabarkan siap mekar di Pulau Sumatera yakni Kabupaten Pantai Timur.

Ini merupakan usulan pemekaran dari Kabupaten Ogan Komering Hilir dengan cakupan wilayahnya meliputi Kecamatan Tulung Selapan, Kecamatan Cengal, Kecamatan Sungai menang, Kecamatan Air Sugihan dan Kecamatan Pangkalan Lampam.

Itulah informasi mengenai 11 calon kabupaten kota baru, berdasarkan inf
ormasi yang beredar siap mekar dan semuanya berada di Pulau Sumatera sebagaimana dikutip Ayobandung.com dari akun YouTube Mahasiswa Geografi, Jumat 26 April 2024. ***


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912520586/makin-bertambah-banyak-ini-11-calon-kabupaten-kota-baru-di-pulau-sumatera-sudah-diusulkan-mekar?page=all
Tokoh

Graph