Gempa Tektonik M5.2 di Laut Banda, Terasa Sampai Maluku Tenggara

  • 27 April 2024 20:23:19
  • Views: 4

TEMPO.CO, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa tektonik mengguncang wilayah pantai timur Maluku Tengah, Maluku, pada Sabtu, 27 April 2024, pukul 17.46.30 WIB. 

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M5,2. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 6,45° LS dan 130,31° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 201 km barat laut Tanimbar, Maluku Tenggara pada kedalaman 167 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas intra-slab subduksi banda," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono dalam keterangan tertulisnya, Sabtu.

Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).

Berdasarkan estimasi peta guncangan (shakemap), gempa bumi ini menimbulkan guncangan di daerah Amahai, Dawelor Dawera, Wer Maktian Maluku Tenggara dengan skala intensitas II - III MMI, yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan truk berlalu.

Iklan

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hingga pukul 18.01 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Pilihan Editor: Mengungkap Misteri Sesar Baribis Lewat Ekspedisi Susur Sesar, Aktif Sejak 2,5 Juta Tahun Lalu


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1861440/gempa-tektonik-m5-2-di-laut-banda-terasa-sampai-maluku-tenggara
Tokoh

Graph

Extracted

ministries BMKG,
topics Gempa, Tsunami,
places DKI Jakarta, MALUKU,
musicclubs APRIL,