Soal Sikap Usai Pilpres 2024, PDIP Akan Pertimbangkan Suara dari Bawah

  • 27 April 2024 16:40:46
  • Views: 10

TEMPO.CO, Jakarta - Wakil Sekjen PDI Perjuangan atau PDIP, Utut Adianto mengatakan sikap politik PDIP ke depannya akan menjadi salah satu fokus utama yang dibahas dalam Rapat Kerja Nasional PDIP pada 24-26 Mei mendatang. Salah satunya, sikap politik dalam tatanan pemerintahan Prabowo-Gibran. 

"Karena pendapat DPP tentu juga melihat usulan-usulan dari bawah, DPD dan DPC. Jadi ini kabupaten kota juga. Yang jelas kami semua baik-baik, kami terima ini sebagai suatu keniscayaan," kata Utut saat menghadiri acara halalbihalal di kantor DPP PKS, Jakarta Selatan, Sabtu, 27 April 2024. 

Hal itu nantinya akan dibahas dalam rakernas bersamaan dengan evaluasi peta politik PDIP pada pemerintahan selanjutnya. "Kami memang di kabupaten kota nambah, provinsinya agak turun, di RI potensi turun 18," ucapnya.

Sebelumnya, Utut menjelaskan, saat ini masih berfokus untuk memproyeksikan lanskap politik PDIP dalam lima tahun ke depan. "Saya lebih (berfokus) kepada peta setelah Prabowo dan Mas Gibran resmi dinyatakan presiden dan wakil presiden terpilih serta lanskap 37 Pilgub dan 534 Pilkada Kabupaten/Kota," ucap Ketua Fraksi PDIP di DPR ini. 

Keputusan tersebut, lanjut dia, bukan hanya berdasarkan perasaan, termasuk Pilkada 2024. Elite PDIP itu mengaku sedang mempersiapkan Pilkada yang akan berlangsung pada 27 November nanti. Sebab, hal itu jadi sangat penting karena menjadi basis pijakan PDIP untuk 2029.

Adapun soal ihwal pertemuan presiden terpilih, Prabowo Subianto, dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, Utut mengaku belum mengetahui informasi tersebut dari Puan Maharani. "Kalau saya belum diinfo oleh Mbak Puan pertemuannya seperti apa. Orang seperti saya tugasnya menghitung saja, menghitung opsi-opsi."

Iklan

Sebelumnya, partai Gerindra menyatakan telah berkomunikasi dengan para elite PDIP berkaitan dengan ihwal rencana pertemuan Ketua Umum Gerindra sekaligus presiden terpilih, Prabowo Subianto, dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Hal itu disampaikan Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Ahmad Muzani, ketika ditemui di Kediaman Prabowo, Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta Selatan, Kamis malam, 25 April 2024. 

Menurut dia, Gerindra telah menjalin komunikasi dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan elite PDIP lainnya. “Ya dengan Ibu Puan, komunikasinya baik. Komunikasi dengan teman-teman elite PDIP juga pembicaraannya baik," ujar dia. 

YOHANES MAHARSO | DEFARA

Pilihan Editor: Surya Paloh Soal Peluang PKS Ikut Merapat ke Prabowo: Pandangan Saya Baik


Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1861389/soal-sikap-usai-pilpres-2024-pdip-akan-pertimbangkan-suara-dari-bawah
Tokoh













Graph