Sri Mulyani Bilang Kondisi APBN Seperti Timnas U-23, Begini Katanya

  • 27 April 2024 14:36:39
  • Views: 2


Jakarta, CNBC Indonesia - Gemilangnya performa tim nasional (timnas) Indonesia dalam gelaran piala Asia U-23 rupanya juga disoroti Menteri Keuangan Sri Mulyani. Ia pun membandingkan performa cemerlang Garuda Muda dengan kondisi APBN Indonesia.

Dalam akun Instagramnya, Sri Mulyani menyebut timnas dan APBN Indonesia dihadapkan pada tantangan yang semakin tidak mudah. Menurutnya, perlu kehati-hatian, kesiapan yang matang, serta fokus agar masing-masing bisa mencapai tujuan.

"Performa keduanya baik dan on-track, namun dihadapkan pada tantangan yang semakin tidak mudah. Perlu kehati-hatian, kesiapan yang matang, serta fokus agar masing-masing bisa mencapai tujuan: Timnas membawa kemenangan untuk Indonesia, sementara APBN melindungi masyarakat dan menjaga stabilitas perekonomian Indonesia di tengah gejolak situasi global," tulisnya dikutip Sabtu (27/4/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Secara rinci, Sri Mulyani menyebutkan postur APBN hingga Maret 2024 diwarnai dengan pendapatan negara yang mencapai Rp 620,01 triliun (22,1% target), belanja negara Rp611,9 triliun (18,4% pagu), dan surplus APBN mencapai Rp 8,1 triliun (0,04% PDB).

[Gambas:Instagram]

Kondisi perekonomian global yang masih lemah mengalami tekanan bertubi-tubi, terutama dari sisi geopolitik. Ia menurunkan situasi berubah sangat cepat, dan ketegangan geopolitik di Timur Tengah meningkatkan disrupsi rantai pasok dan volatilitas harga komoditas.

"Di samping itu, perekonomian Amerika yang sudah pulih, namun inflasi masih tetap tinggi menyebabkan kebijakan suku bunga higher for longer masih berlanjut melampaui ekspektasi pasar. Ini yang menyebabkan obligasi US dan indeks Dollar menguat, sehingga terjadi arus modal keluar di banyak negara dan pelemahan mata uang selain Dolar," tuturnya.

Dengan situasi ini, perekonomian kita masih terjaga baik. Kementerian Keuangan memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Q1 2024 masih berada di sekitar 5% secara year-on-year (yoy).

Hingga Maret ini, PMI kita masih tetap ekspansif di 54,2; Indeks Keyakinan Konsumen masih tinggi di 123,8; Mandiri Spending Index tetap tumbuh di 46,9; Indeks Penjualan Riil juga positif di 3,5% yoy. Inflasi kita juga relatif terkendali di 3,05% yoy.

"Untuk itu, APBN akan terus dikelola dengan penuh kehati-hatian serta responsif terhadap risiko global yang sangat dinamis. Timnas Indonesia maju ke semifinalAPBN #UangKita jadi shock absorber secara optimal," tutupnya.


[Gambas:Video CNBC]

Artikel Selanjutnya

Video: Erick Thohir Perpanjang Kontrak STY Jadi Pelatih Timnas
(wur/wur)
Sumber: https://www.cnbcindonesia.com/news/20240427143403-4-533985/sri-mulyani-bilang-kondisi-apbn-seperti-timnas-u-23-begini-katanya
Tokoh





Graph

Extracted

persons Erick Thohir, Sri Mulyani Indrawati,
companies Instagram,
ministries Kemenkeu, Kementerian Keuangan,
bumns Garuda Indonesia,
ngos PMI,
topics APBN, volatilitas,
nations Amerika Serikat, Indonesia,
places DKI Jakarta,