Prabowo Akan Temui Partai-partai, Gibran Suruh Pihak di Luar KIM untuk Bersiap

  • 26 April 2024 21:16:05
  • Views: 4

PIKIRAN RAKYAT - Presiden Terpilih Prabowo Subianto dipastikan akan menemui partai-partai politik di Indonesia, menyongsong kepemimpinannya yang akan dimulai setelah dilantik nanti, Oktober 2024.

Kepastian itu ditegaskan oleh Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka. Mulanya, ia menegaskan bahwa koalisi pemerintahan akan sesuai dengan kehendak dan arahan Prabowo.

"Yang jelas Pak Prabowo sudah bertemu dengan tokoh-tokoh di luar koalisi. Ke depan seperti apa kita tunggu saja," katanya di Solo, Jawa Tengah, Jumat, 26 April 2024.

Meski koalisi lebih besar ini masih bersifat rahasia, Gibran menegaskan bahwa Prabowo sedang dan hendak merangkul semua pihak. Termasuk, kubu rival selama proses Pilpres 2024 kemarin.

"Pak Prabowo sudah merangkul semua yang menjadi kontestan 01 dan kontestan 03," ujarnya.

Gibran lantas mengenai beberapa partai politik yang sudah mulai merapat ke Prabowo-Gibran, ia belum bersedia menjawab secara detail.

"Ditunggu saja. Partai lain (di luar KIM) tunggu saja," ujarnya, mengingatkan.

Baca Juga: Gabung Prabowo-Gibran atau Oposisi, Arah Politik PDIP di Tangan Megawati

Gibran Bantah Ia Meninggalkan PDIP

Gibran Rakabuming Raka menepis narasi dirinya meninggalkan PDI Perjuangan (PDIP) usai memenangkan Pilpres 2024. Ia menegaskan tak ada satu pun pihak yang ditinggalkan oleh Prabowo-Gibran.

Dia mengatakan, pemerintahan baru sedang dan akan merangkul semua pihak. Namun, kata Gibran, mereka tidak punya kuasa atas keputusan masing-masing pihak tersebut, salah satunya partai politik.

“Bukan meninggalkan. Ini kan keputusan masing-masing partai. Tidak ada yang ditinggal. Kita kan menawarkan untuk bertemu, untuk saling sowan. Nggak ada yang ditinggal,” ucap dia, Surakarta, Jumat, 26 April 2024.

Menepis kabar 'renggang' dan saling tinggal meninggalkan dengan PDIP, ia mengatakan alasannya belum berkomunikasi dengan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD adalah kesibukan kedua tokoh tersebut.

“Ya udah kemarin. Di TV Pak Ganjar juga udah terimakasih. Udah (Mahfud) kan ngasih selamat semua,” katanya.

“Belum (kontak langsung). Beliau kan orangnya sibuk,” ujarnya, melanjutkan. ***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018012382/prabowo-akan-temui-partai-partai-gibran-suruh-pihak-di-luar-kim-untuk-bersiap?page=all
Tokoh











Graph

Extracted

persons Ganjar Pranowo, Gibran Rakabuming Raka, Mahfud MD, Megawati Soekarnoputri, Prabowo,
parties PDIP,
topics Pilpres 2024,
nations Indonesia,
places JAWA TENGAH,
cities Solo,
musicclubs APRIL,