Jokowi-Gibran Dianggap Keluarga Golkar, PDIP: Mereka Cari Tumpangan

  • 26 April 2024 19:16:29
  • Views: 4

PIKIRAN RAKYAT - PDI Perjuangan (PDIP) sudah tidak peduli dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka. Termasuk, PDIP juga tidak ambil pusing menanggapi pernyataan Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto yang menyebut Jokowi dan Gibran sudah menjadi bagian keluarga besar Golkar.

“Biarin saja. Di PDI Perjuangan juga enggak dipikirin lagi orang-orang ini,” kata Politisi PDIP, Andreas Hugo Pareira kepada wartawan, Jumat, 26 April 2024.

Andreas menyampaikan, Jokowi dan Gibran seperti sedang kehilangan rumah setelah meninggalkan PDIP. Kini, mereka sibuk mencari partai sebagai kendaraan politik yang baru.

“Sekarang mereka berdua yang sedang cari rumah. Politisi pada punya rumah, ini orang dua pergi dari rumahnya sambil ‘bakar’ rumahnya, untung saja rumahnya kokoh tegak,” ucap Andreas.

Dikatakan Andreas, para politisi tengah fokus di partainya masing-masing usai penyelenggaraan Pilpres 2024. Namun kata dia, Jokowi dan Gibran justru sibuk memaksa masuk ke partai politik yang sudah ada pemiliknya.

“Orang pada pulang ke rumah masing-masing. Mereka (Jokowi dan Gibran) cari-cari tumpangan, maksa-maksa masuk rumah yang sudah berpenghuni. Sudah ada pemiliknya,” tutur Andreas.

Andreas menilai Golkar dan Jokowi memang sama-sama membutuhkan di Pilpres 2024. Namun, dia menyebut kondisi setelah kontestasi pilpres tidak lagi sama.

“Sebelum pemilu kemarin memang Golkar butuh Jokowi, berlindung pada Jokowi, tetapi apakah sekarang masih juga tingkat kepentingannya sama?” tutur Andreas.

Airlangga: Jokowi dan Gibran Keluarga Besar Golkar

Sebelumnya, Airlangga menyebut Jokowi dan Gibran memiliki kedekatan dengan Partai Golkar. Terlebih, Gibran maju sebagai calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto atas rekomendasi Partai Golkar.

“Pak Jokowi itu dekat dengan partai Golkar, dan kedua, pak Gibran itu mendapatkan mandat dari partai golkar melalui mekanisme rapimnas resmi,” kata Airlangga di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Rabu, 24 April 2024.

Dengan kedekatan tersebut, Airlangga menyebut Jokowi dan Gibran sudah menjadi bagian dari keluarga besar Partai Golkar. Menurutnya, keanggotaan Jokowi dan Gibran di partai berlambang pohon beringin tinggal disahkan melalui mekanisme formal.

“Bagi kami pak Jokowi dan mas Gibran itu sudah masuk dalam keluarga besar Golkar. Tinggal tentunya formalitasnya saja. Tentu partai Golkar selalu terbuka terhadap kader-kader terbaik bangsa ini,” ujar Airlangga.

Menurut Airlangga, Jokowi dan Gibran adalah tokoh-tokoh terbaik bangsa. Oleh sebab itu, kata dia, partainya terbuka bagi dua tokoh tersebut untuk bergabung menjadi bagian Partai Golkar.

“Dan jelas pak presiden, pak Jokowi adalah kader terbaik bangsa yang sudah bersama partai Golkar di dalam dua periode beliau,” kata Airlangga.

Lebih lanjut, Airlangga belum mau mengungkap soal posisi yang akan dijabat Jokowi di Golkar. Menurutnya, satu posisi di Golkar diserahkan sepenuhnya kepada mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

“Kalau posisi tergantung beliau. Karena beliau sekarang milik bangsa. Beliau milik semua partai. Dan saya dengarkan tentu pak Prabowo juga beliau juga terbuka dengan pak presiden,” ujarnya.***


Sumber: https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-018012923/jokowi-gibran-dianggap-keluarga-golkar-pdip-mereka-cari-tumpangan?page=all
Tokoh











Graph

Extracted

persons Airlangga Hartarto, Andreas Hugo Pareira, Gibran Rakabuming Raka, Joko Widodo, Prabowo,
ministries KPU,
parties Golkar, PDIP,
topics Pilpres 2024,
places DKI Jakarta,
musicclubs APRIL,