BMKG Ingatkan Hujan Petir Hingga Berawan Dominasi Kondisi Cuaca di Indonesia

  • 26 April 2024 07:09:25
  • Views: 7

Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca kota-kota besar di Indonesia berpotensi mengalami hujan petir hingga diselimuti awan.

"Prediksi angin permukaan di wilayah Indonesia umumnya bertiup dari arah timur dengan kecepatan berkisar antara 10 hingga 50 kilometer per jam," kata Prakirawan BMKG Nurul Tazaroh dalam pernyataan dikutip di Jakarta, Jumat.

Di Pulau Sumatra, BMKG memprediksi cuaca berawan terjadi di Banda Aceh. Hujan ringan hingga sedang berpotensi turun di Pekanbaru, Padang, Tanjung Pinang, dan Medan.

BMKG mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan petir yang diperkirakan terjadi di Bengkulu, Jambi, Palembang, Bandar Lampung, dan Pangkal Pinang.

Baca Juga :

Cuaca Akhir Pekan, Sebagian Besar Indonesia Berawan, Pekanbaru Berkabut

Di Jawa hujan petir diprediksi terjadi di Jakarta, Bandung, dan Surabaya, sedangkan hujan sedang di Serang dan Yogyakarta, serta langit berawan di Semarang.

Prakiraan cuaca di Kepulauan Sunda Kecil cenderung bervariasi di mana hujan ringan berpotensi turun di Denpasar, hujan sedang di Mataram, dan cerah berawan di Kupang.

Pulau Kalimantan yang berpotensi mengalami hujan petir,di Pontianak, langit berawan di Tanjung Selor, kabut di Samarinda, serta hujan ringan di Palangka Raya dan Banjarmasin.

"Sulawesi cuaca berawan diprediksi terjadi di Kendari. Kota Palu, Mamuju dan Makassar diperkirakan hujan dengan intensitas ringan. Waspadai hujan petir di Gorontalo dan Manado," kata Nurul.

Prakiraan kondisi cuaca di wilayah timur cenderung tenang. Cuaca Manokwari diprediksi berawan, Ternate dan Jayapura hujan ringan, serta Ambon berpotensi diguyur hujan sedang.

Suhu udara umumnya berkisar 20 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembapan berkisar 55 hingga 100 persen. Tinggi gelombang laut di Indonesia secara umum berkisar 0,5 hingga 2,5 meter.

Kewaspadaan potensi banjir rob yang diperkirakan terjadi di pesisir Sumatera Utara, Lampung, Banten, Jakarta, Jawa Timur, Kalimantan Timur, dan Sulawesi Tenggara.

Baca Juga :

Jangan Golput, Dubes Hermono Minta WNI di Malaysia Gunakan Hak Pilihnya

"Informasi yang kami sampaikan merupakan gambaran cuaca secara umum di masing-masing wilayah," kataPrakirawan BMKG Nurul Tazaroh.


Redaktur : Marcellus Widiarto

Penulis : Antara


Sumber: https://koran-jakarta.com/bmkg-ingatkan-hujan-petir-hingga-berawan-dominasi-kondisi-cuaca-di-indonesia?page=all
Tokoh

Graph