Ada yang Sudah Tinggal 25 Tahun

  • 26 April 2024 03:01:50
  • Views: 2

Jakarta: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta tengah menghimpun data NIK warga Jakarta yang masih berdomisili di luar wilayah Jakarta, seperti Tangerang, Bogor, Depok dan Bekasi. Data sementara warga NIK Jakarta yang tinggal diluar Jakarta mencapai angka ratusan ribu. "Kalau kita dengar dari Tangerang Selatan saja menyatakan 75 ribu mereka yang ber-KTP DKI tapi masih di Tangsel dan mereka tinggal 5-25 tahun," kata Kadis Dukcapil Budi Awaludin kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 25 April 2024. Sementara di wilayah Depok, ia menyebut, jumlah warga yang masih ber-KTP DKI mencapai 18 ribuan. Budi memperkirakan jumlah keseluruhan pemegang KTP DKI yang tinggal di luar Jakarta mencapai ratusan ribu. Oleh karena itu, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pemerintah daerah lainnya terkait data kependudukan tersebut. "Kami sedang koordinasikan dengan daerah (soal data). Paling banyak Bodetabek ya," jelasnya.   Dukcapil DKI Jakarta akan menonaktifkan NIK warga yang telah meninggal dunia dan tidak memiliki RT di wilayahnya. Dari hasil verifikasi tahapan pertama, Dukcapil mendapati 40 ribuan warga yang yang sudah meninggal dunia dan telah mengajukan penonaktifan ke Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. "Ya jadi tahapan pertama ini kita sudah mengajukan sekitar untuk yang meninggal dunia 40 ribuan dan juga RT yang sudah tidak ada sekitar 9.600," ujar Budi. Kendati demikian, Budi mengatakan untuk NIK warga Jakarta yang RT-nya sudah tidak ada lagi masih dalam tahap proses verifikasi oleh Kemendagri. "Dan RT yang sudah tidak ada, masih dalam proses untuk diverifikasi? di Kemendagri,?" ungkapnya.

Jakarta: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) DKI Jakarta tengah menghimpun data NIK warga Jakarta yang masih berdomisili di luar wilayah Jakarta, seperti Tangerang, Bogor, Depok dan Bekasi. Data sementara warga NIK Jakarta yang tinggal diluar Jakarta mencapai angka ratusan ribu.
 
"Kalau kita dengar dari Tangerang Selatan saja menyatakan 75 ribu mereka yang ber-KTP DKI tapi masih di Tangsel dan mereka tinggal 5-25 tahun," kata Kadis Dukcapil Budi Awaludin kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 25 April 2024.
 
Sementara di wilayah Depok, ia menyebut, jumlah warga yang masih ber-KTP DKI mencapai 18 ribuan. Budi memperkirakan jumlah keseluruhan pemegang KTP DKI yang tinggal di luar Jakarta mencapai ratusan ribu.
Oleh karena itu, pihaknya tengah berkoordinasi dengan pemerintah daerah lainnya terkait data kependudukan tersebut. "Kami sedang koordinasikan dengan daerah (soal data). Paling banyak Bodetabek ya," jelasnya.
 
 
Dukcapil DKI Jakarta akan menonaktifkan NIK warga yang telah meninggal dunia dan tidak memiliki RT di wilayahnya. Dari hasil verifikasi tahapan pertama, Dukcapil mendapati 40 ribuan warga yang yang sudah meninggal dunia dan telah mengajukan penonaktifan ke Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri.
 
"Ya jadi tahapan pertama ini kita sudah mengajukan sekitar untuk yang meninggal dunia 40 ribuan dan juga RT yang sudah tidak ada sekitar 9.600," ujar Budi.
 
Kendati demikian, Budi mengatakan untuk NIK warga Jakarta yang RT-nya sudah tidak ada lagi masih dalam tahap proses verifikasi oleh Kemendagri. "Dan RT yang sudah tidak ada, masih dalam proses untuk diverifikasi? di Kemendagri,?" ungkapnya.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

(END)


Sumber: https://www.medcom.id/nasional/metro/GNG1Pgvk-ratusan-nik-dki-berada-di-luar-jakarta-dukcapil-ada-yang-sudah-tinggal-25-tahun
Tokoh

Graph

Extracted

companies Google,
ministries Kemendagri,
products KTP,
places BANTEN, DKI Jakarta, JAWA BARAT,
cities Bekasi, Bogor, Depok, Tangerang,
musicclubs APRIL,