Polri Bakal Gelar Operasi Puri Agung 2024 Kawal World Water Forum di Bali

  • 25 April 2024 19:36:30
  • Views: 4

Jakarta -

Polri akan menggelar Operasi Puri Agung 2024 untuk mengamankan pelaksanaan World Water Forum (WWF) ke-10 yang akan digelar di Bali. Operasi itu akan dipimpin oleh Kabaharkam Polri Komjen Fadil Imran.

"Operasi Puri Agung 2024 akan dilaksanakan selama 10 hari dari tanggal 17 sampai dengan 26 Mei 2024 yang dipimpin oleh Kabaharkam Polri selaku kepala operasi," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Trunoyudo Wisnu Andiko, di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (25/4/2024).

Trunoyudo menjelaskan tujuan pelaksanaan Operasi Puri Agung 2024 itu adalah untuk menjamin keamanan, keselamatan dan kenyamanan peserta yang hadir pada perhelatan internasional itu. Diketahui, pemerintah Indonesia mengundang 43 duta besar dan 4 organisasi intenasional untuk ikut berpartisipasi WWF ke-10.

-

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam operasi ini, kata dia, akan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif. Tujuannya guna terciptanya situasi keamanan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang aman di Pulau Dewata.

Lebih lanjut ia mengatakan, Polri akan mengerahkan 5.791 personel. Polri juga akan membentuk 10 satuan tugas (satgas) di antaranya Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgaspam Walrolakir, Satgaspam Tindak hingga Satgaspam Anti-teror.

Trunoyudo menyebut operasi ini melibatkan personel dari tingkat Mabes Polri, Satuan Wilayah (Satwil) Polda Bali, Polda Jawa Timur, dan Polda Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Serta bersinergi dengan Paspampres, TNI, BNPT, BSSN, BNPB, kementerian/lembaga dan stakeholder terkait," pungkasnya.

Sebagai informasi, World Water Forum ke-10 akan digelar di Bali pada 18 hingga 25 Mei 2024 mendatang. Terdapat empat pokok bahasan dalam WWF ke-10, yakni konservasi air (water conservation), air bersih dan sanitasi (clean water and sanitation), ketahanan pangan dan energi (food and energy security), serta mitigasi bencana alam (mitigation of natural disasters).

(ond/dnu)
Sumber: https://news.detik.com/berita/d-7310804/polri-bakal-gelar-operasi-puri-agung-2024-kawal-world-water-forum-di-bali
Tokoh



Graph

Extracted

persons Trunoyudo Wisnu Andiko,
ministries BNPB, BNPT, BSSN, Mabes Polri, TNI,
institutions Paspampres,
nations Indonesia,
places DKI Jakarta, JAWA TIMUR, NUSA TENGGARA BARAT, Sumatera Utara,
cases teror,