Dissenting Opinion Hakim MK Harapan Palsu, Tidak Mengubah Apa pun

  • 25 April 2024 19:19:49
  • Views: 3

JAKARTA, iNews.id - Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Adi Prayitno menilai, pendapat berbeda atau dissenting opinion dari hakim konstitusi terkait putusan sengketa Pilpres 2024 seperti harapan palsu. Pasalnya dissenting opinion itu tidak mengubah putusan.

"Saya kira soal dissenting yang didiskusikan dari tadi, ini kan semacam kalimat yang sebenarnya cukup bersayap ya. Satu sisi ini kan sebenarnya dia tidak mengubah apa pun, dia semacam harapan palsu," kata Adi dalam talkshow Rakyat Bersuara di iNews, Selasa (23/4/2024) malam.

Baca Juga

Rocky Gerung Duga Komposisi Hakim MK Tolak Gugatan dan Dissenting Opinion sudah Didesain

Sejatinya, kata Adi, publik khususnya kubu pemohon menaruh harapan agar Mahkamah Konstitusi (MK) bisa menerima seluruh dalil permohonan gugatan sengketa hasil Pilpres 2024.

"Ini yang kemudian saya sebut angin surga yang tidak mampu mengubah apa pun. Tidak mengubah apa pun bagi kelompok-kelompok yang selama ini merasa kalah dan dizalimi dalam pemilu, terutama kubu 01 dan 03," ucap Adi.

Baca Juga

Prabowo Kumpulkan Tim Hukum: Terima Kasih Kerja Kerasnya di MK

Kendati demikian, Adi menilai keberadaan dissenting opinion telah menebalkan keyakinan Pilpres 2024 tidak baik-baik saja. Sejumlah dugaan kecurangan seperti politisasi bansos hingga ketidaknetralan Pj kepala daerah turut disebut dalam dissenting opinion.

"Kabar baiknya adalah dissenting ini kan menebalkan suatu keyakinan bahwa hasil Pemilu 2024 ini tidak baik-baik saja," kata Adi.

"Bansos itu adalah faktual, menurut 3 hakim berpengaruh untuk mengubah perilaku seseorang. Soal aparatur yang dikendalikan, itu secara faktual diakui oleh 3 hakim. Itu terbukti dalam Pemilu 2024," katanya.

Editor : Reza Fajri


Sumber: https://www.inews.id/news/nasional/pengamat-dissenting-opinion-hakim-mk-harapan-palsu-tidak-mengubah-apa-pun
Tokoh







Graph

Extracted

persons Adi Prayitno, Prabowo, Rocky Gerung,
ministries MK,
institutions UIN,
religions Islam,
topics Bantuan Sosial, Pemilu 2024, Pilpres 2024,
places DKI Jakarta,