Turunkan Tensi di Timteng, Wapres Ungkap Indonesia Terus Berkomunikasi dengan Sejumlah Negara

  • 25 April 2024 14:04:50
  • Views: 3

BANDUNG - Wakil Presiden (Wapres) KH. Ma'ruf Amin menyatakan Pemerintah Indonesia telah mengupayakan langkah-langkah untuk mengurangi eskalasi konflik di Timur Tengah.

"Beberapa kali memang kita sudah melakukan pertemuan sidang kabinet yang kita harapkan bahwa kita melakukan de-eskalasi, jangan sampai terjadi eskalasi. Apa yang terjadi, serangan terakhir Iran ke Israel ini kita harap dicukupkan sampai di situ saja," ungkap Wapres di Bandung, Jawa Barat, seperti dikutip laman resmi Wapres RI, Rabu (24/4).

Wapres mengatakan lobi atau komunikasi sudah dilakukan dengan sejumlah negara melalui Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi, termasuk dengan Iran, untuk mencegah serangan terjadi lagi.

Baca Juga :

BMKG: Hujan Lebat Diperkirakan Akan Guyur Sebagian Besar Daerah di Indonesia

"Bahkan juga, kita mengharap kedekatan Iran dengan Tiongkok. Kita mengharap Tiongkok juga mengambil peran untuk juga melobi Iran untuk tidak terus melanjutkan. Begitu juga, kita harap dengan pihak Israel, dari negara-negara Timur Tengah yang punya hubungan baik dengan Israel dan juga melalui Amerika kita berharap," katanya.

Menurut Wapres, konflik yang berlanjut tentu tidak akan menguntungkan negara mana pun, bahkan dapat membahayakan dunia secara keseluruhan.

"Karena itu, kita harapkan bahwa eskalasi di Timur Tengah ini kita harap tidak berlanjut dan semua pihak sudah [berupaya]," sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, Wapres juga mengungkapkan keprihatinannya atas kegagalan Palestina menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

"Hanya kita memang menyayangkan bahwa keanggotaan Palestina yang kita harapkan bisa menjadi anggota penuh di PBB itu kemudian diveto lagi oleh Amerika, sehingga terjadi kekecewaan banyak negara walaupun memperoleh suara terbanyak," ungkapnya.

Baca Juga :

Dubes RI untuk Spanyol Ajak WNI Kawal Pemilu Jurdil


Redaktur : Lili Lestari

Penulis : -


Sumber: https://koran-jakarta.com/turunkan-tensi-di-timteng-wapres-ungkap-indonesia-terus-berkomunikasi-dengan-sejumlah-negara?page=all
Tokoh





Graph