World Water Forum 2024: Indonesia Sebagai Tuan Rumah Perjuangkan 4 Agenda Penting, Ada Apa Saja?

  • 25 April 2024 06:10:20
  • Views: 4

SUARAMERDEKA.COM - Indonesia memainkan peran kunci dalam menegaskan empat agenda penting yang akan diusulkan menjadi Ministerial Declaration (MD) dalam gelaran World Water Forum ke-10 yang akan datang.

Wakil Ketua Sekretariat Panitia Nasional World Water Forum ke-10, Endra S Atmawidjaja, menyoroti keempat poin ini sebagai landasan untuk perundingan yang akan datang.

"Indonesia dengan tegas mendorong empat poin yang sangat penting untuk disepakati dalam pertemuan nanti: Penetapan World Lake Day (WLD), pembentukan Centre of Excellence on Water and Climate Resilience (COE), pengembangan Water Management for Small Islands, dan pencatatan daftar proyek air sebagai Compendium of Concrete Deliverables and Actions," ujar Wakil Ketua Endra dalam pernyataan resmi, dikutip pada Kamis (25/4/2024).

Baca Juga: Pemkot Semarang Siap Gelar Nobar Timnas Indonesia U23 vs Korea Selatan U23 di Halaman Balaikota Semarang, Bakal Banyak Hiburan dan Doorprize

Penetapan World Lake Day (WLD) menjadi poin pertama yang ditekankan, dengan Indonesia menekankan perlunya proses formal melalui mekanisme United Nation (UN) untuk mengadopsi resolusi terkait hal ini.

Selanjutnya, Indonesia mendorong pembentukan Centre of Excellence on Water and Climate Resilience, dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengusulkan konsep yang berfokus pada kolaborasi riset dan pertukaran data.

Poin ketiga yang ditekankan adalah Water Management for Small Islands.

Baca Juga: Klunting! Tepati Janji, Yoyok Sukawi Berikan Bonus Kepada Tim PSIS Semarang

Poin ini Indonesia menyoroti pentingnya memperkuat kapasitas pulau-pulau terluar dalam menghadapi tantangan produksi air bersih.

Wakil Ketua Endra menegaskan bahwa isu pengelolaan air harus dilihat dalam konteks global.

Hal itu daam artian melampaui batasan negara-negara kepulauan kecil.

Baca Juga: Gol Witan Sulaeman ke Gawang Yordania U23 Masuk Dalam Delapan Gol Terbaik di Fase Grup Piala Asia U23 2024

Terakhir, pencatatan daftar proyek air sebagai Compendium of Concrete Deliverables and Actions menjadi fokus penting.

Indonesia berkomitmen untuk menyediakan platform online yang memungkinkan stakeholders air dari tingkat nasional, regional, dan internasional untuk mengajukan proyek dan inisiatif mereka.

World Water Forum ke-10 dijadwalkan akan berlangsung pada 18-24 Mei 2024 di Bali.

Baca Juga: Gol Witan Sulaeman ke Gawang Yordania U23 Masuk Dalam Delapan Gol Terbaik di Fase Grup Piala Asia U23 2024

Dalam forum ini diharapkan kehadiran 44 kepala negara, 4 kepala lembaga internasional, dan 198 menteri atau setingkat menteri yang bertanggung jawab terhadap isu sumber daya air.

Acara ini juga akan menampilkan 230 sesi forum tematik, 55 side events, serta 10 special sessions untuk membahas isu-isu terkait air yang mendesak.

 


Sumber: https://www.suaramerdeka.com/nasional/0412505084/world-water-forum-2024-indonesia-sebagai-tuan-rumah-perjuangkan-4-agenda-penting-ada-apa-saja?page=all
Tokoh





Graph

Extracted

persons A.S. Sukawijaya, Witan Sulaeman,
ministries BMKG,
nations Indonesia, Korea Selatan, Yordania,
places JAWA TENGAH,
cities Semarang,
sportclubs PSIS Semarang,