Menkes Sebut Kesehatan Salah Satu Modal Gapai Indonesia Emas 2045

  • 25 April 2024 04:45:29
  • Views: 3

RADARBANGSA.COM - Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin mengatakan bahwa kesehatan adalah modal utama selain pendidikan untuk mencapai Indonesia Emas 2045.

Dia menyampaikan, kesehatan adalah faktor yang perlu diperhatikan pertama, karena pendidikan diberikan mulai dari seseorang berusia sekitar empat atau lima tahun, namun kesehatan perlu diurus bahkan sebelum seseorang lahir, yaitu sembilan bulan di kandungan. 

Budi mengatakan bahwa definisi Bank Dunia tentang negara maju adalah negara dengan pendapatan per kapita 13 ribu USD (Rp 209.960.400), sementara Indonesia saat ini Indonesia masih 4800 USD (Rp 77.524.800) sehingga perlu ada peningkatan dua setengah kalinya. 

Dia menyebutkan bahwa angka tersebut berarti pendapatan rata-rata masyarakat harus Rp15 juta.

"Orang kalau tidak sehat dan tidak pintar tidak mungkin gajinya 15 juta," katanya.

Untuk mencapai hal tersebut, ujarnya, maka yang perlu difokuskan adalah menyehatkan kehidupan masyarakat dan memastikan mereka tetap sehat, bukan mengobati yang sakit.

Dia mengatakan, selama ini, fokus bidang kesehatan hanya pada pengobatan, sehingga pemenuhan fasilitas di tingkat primer, seperti posyandu dan puskesmas, guna memastikan kesehatan publik, diabaikan karena dianggap tidak menarik. 

Untuk mengatasi hal tersebut, kata Budi, dibuatlah RPJMN yang mencakup konsep transformasi kesehatan, yang mengajak partisipasi 514 kabupaten dan kota dari 38 provinsi. Bukan hanya dinas kesehatannya, katanya, namun juga badan perencanaan pembangunan daerahnya.

"Termasuk dirut-dirut RSUD, ini kalau tidak salah ada 604," tambahnya.


Sumber: https://www.radarbangsa.com/news/48627/menkes-sebut-kesehatan-salah-satu-modal-gapai-indonesia-emas-2045
Tokoh



Graph

Extracted

persons Budi Gunadi Sadikin,
ministries Kemenkes,
ngos World Bank,
topics RPJMN,
products emas,
nations Indonesia,