Ini Sejumlah Tips Memaksimalkan Kamera iPhone, Mulai dari Exposure hingga Mode Portrait

  • 24 April 2024 19:17:45
  • Views: 4

TEMPO.CO, Jakarta - iPhone dikenal sebagai smartphone yang memiliki fitur kamera canggih dan jernih. Keunggulan pada bagian stabilitas videonya juga menjadi sorotan dan pemikat banyak pengguna untuk mencobanya.

iPhone terbaru dan sudah rilis di pasar global hadir dengan seri Iphone 15. Perangkat ini dibanderol dengan harga Rp 16,4 juta untuk varian 128 GB. Bocoran terbaru juga mengabarkan bahwa Apple tengah menggarap seri Iphone 16 dan diperkirakan meluncur akhir tahun ini.

Walaupun sudah ada peningkatan dan fitur terbaru dari kamera iPhone, masih banyak pengguna yang tidak memanfaatkan kecanggihannya ini. Pembuat konten teknologi seluler, Martiv Filipov, membagikan tips memakai kamera iPhone untuk hasil yang lebih maksimal.

Martiv memakai iPhone 13 Mini dan 15 Pro Max. Menurut dia, kamera iPhone sangat dipengaruhi oleh eksposur dan masukan cahaya di lensa. Jika pengguna bisa memanfaatkan dan tahu triknya, maka hasil foto dijamin sangat bagus dan jernih. Mengatur eksposur bisa dilakukan dengan mengakses tombol kecil berbentuk histogram di pojok kiri atas kamera iPhone. 

Dikutip dari laporan PhoneArena, Rabu, 24 April 2024, exposure yang dianjurkan untuk hasil potret maksimal berada di angka -0,3 saat kondisi cahaya normal. Namun ketika cahaya di luar cukup terang, pengguna iPhone dianjurkan untuk mengatur exposure lensanya ke angka -0,7 atau -1,0

Iklan

Trik lain yang bisa dilakukan adalah dengan memanfaatkan mode portrait di kamera iPhone. Pengguna bisa mengatur posisi wajah objek ke bagian tengah dan meningkatkan kapasitas depth lensa. Ini memungkinkan objek di belakang wajah terlihat buram dan menambah kesan tajam saat difoto.

Mode portrait banyak digunakan untuk kebutuhan selfie atau foto jarak dekat dengan jumlah objek tunggal. Jika memotret objek yang ramai dan banyak orang, maka dianjurkan untuk memilih mode lanskap. Pengguna tinggal mengatur eksposur kamera jika lokasi pemotretan berada di ruangan dengan cahaya terang.

Apple biasanya hanya mengizinkan mode portrait dan night mode untuk kamera biasa bukan wide, namun ada trik untuk menggunakan kedua mode ini pada kamera zoom. Caranya, matikan night mode dan nyalakan flash. Pengguna dapat menggunakan mode portrait dengan zoom 2x, 3x, atau 5x. Trik ini memungkinkan untuk mengambil foto portrait dengan efek bokeh yang indah bahkan di kondisi minim cahaya.

Trik terakhir dan yang paling jitu dari kamera iPhone berada di mode aksi. Pada fitur ini pengguna bisa mengambil objek berjalan seperti video, namun bisa dipotong pada bagian yang dirasa cocok. Kapasitas fotonya pun terpantau jernih dan tidak buram seperti tangkapan layar. Kendati demikian fitur ini memerlukan akses cahaya yang cukup dan tidak bisa dilakukan pada malam hari.


Sumber: https://tekno.tempo.co/read/1860327/ini-sejumlah-tips-memaksimalkan-kamera-iphone-mulai-dari-exposure-hingga-mode-portrait
Tokoh

Graph

Extracted

companies Zoom,
products iPhone, iPhone 13, iPhone 13 mini,
places DKI Jakarta,
brands Apple,
musicclubs APRIL,