834 Atlet Ikuti POPDA Tingkat Karesidenan Kedu, Intip 9 Cabang Olahraga yang Dipertandingkan

  • 25 April 2024 03:40:14
  • Views: 5

 

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Sebanyak 834 atlet mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat eks-Keresidenan Kedu 2024.

Sebanyak sembilan cabang olahraga (cabor) dipertandingkan dalam event yang berlangsung di Kabupaten Kebumen pada Rabu-Kamis (24–25/4/2024).

Adapun pembukaan POPDA berlangsung di GOR SMKN 2 Kebumen, Rabu (24/4/2024). Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih SST MM selaku pembina upacara.

Hadir pula jajaran forkopimda, perwakilan Disdikpora dari kabupaten se-eks Keresidenan Kedu, dan Ketua KONI Kebumen HD Sriyanto.

Baca Juga: Bocoran Sinopsis Film The Fall Guy (2024): Kisah Seorang Stuntman Legendaris yang Menebus Kesalahan Masa Lalunya

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kebumen, Yanie Giat Setyawan melaporkan POPDA diikuti 834 atlet.

Adapun sembilan cabang olahraga yang yang dipertandingkan adalah Bulutangkis di GOR MAN 1 Kebumen, bola basket di GOR Gembira Kebumen, voli indoor di GOR SMAN 2 Kebumen.

Kemudian voli pasir di Lapangan Desa Karangsari, sepak bola di Stadion Candradimuka, sepak takraw di GOR Kecamatan Karanganyar, karate di GOR SMK TKM Pertambangan Kebumen.

Pencak silat di GOR SMKN 2 Kebumen, taekwondo berlangsung Kamis-Jumat, 25-26 April 2024 di Aula Gedung Setda Kebumen.

Baca Juga: Pernah Dipuji Jokowi Tak Lantas Berpuas Diri, Rupanya Ini Tips Sri Agustin Nasabah Mekaar Berbisnis Sambal Selama Satu Dekade Terakhir

"Jumlah juri eksternal 46 orang, juri lokal 79 orang, juri pembantu 37 orang, dan pelatih 22 orang,” kata Yanie Giat dalam laporannya.

Yanie Giat menambahkan, POPDA digelar sebagai ajang seleksi untuk mempersiapkan atlet berkancah di tingkat yang lebih tinggi.

Selain untuk berkompetisi, POPDA dimaksudkan untuk menjunjung sportivitas, meningkatkan persaudaraan, pemersatu kemajuan daerah, ajang evaluasi hasil pembinaan prestasi olahraga pelajar di tingkat daerah.

Baca Juga: Pernah Dipuji Jokowi Tak Lantas Berpuas Diri, Rupanya Ini Tips Sri Agustin Nasabah Mekaar Berbisnis Sambal Selama Satu Dekade Terakhir

Tunjukkan Bakat

Wabup Kebumen Ristawati Purwaningsih menyampaikan bahwa POPDA merupakan momentum bagi pelajar untuk menunjukkan bakat dan kemampuannya masing-masing dengan menjunjung tinggi nilai sportivitas.

"Selamat datang dan berkompetisi di Kebumen.Tentunya tadi sudah dibacakan janji wasit juga atlet, pegang teguh janji tersebut agar kompetisi berjalan aman, lancar, dan kondusif. Jaga kerukunan dan sportivitas,"kata Ristawati.

Menurut Wabup dengan tema yang diangkat yakni berprestasi dan berdaya saing, dapat diwujudkan dengan bertanding yang sebaik-baiknya.

Baca Juga: Prediksi Line-Up Timnas Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024: Siap Tampil Spartan!

Hal ini untuk memicu rasa bangga bagi atlet itu sendiri, keluarganya, dan kabupaten asalnya.

"Mudah-mudahan tidak hanya di sini menjadi atletnya, tapi juga maju ke kancah yang lebih tinggi baik itu nasional bahkan internasional yang bisa membawa nama harum masing-masing atlet,” lanjutnya.

Rista berharap perwakilan dari Kebumen meraih kemenangan. Harapan tersebut didasari dengan adanya persiapan yang matang serta dukungan Pemkab Kebumen melalui KONI dan organisasi lainnya.***


Sumber: https://www.suaramerdeka.com/olahraga/0412502343/834-atlet-ikuti-popda-tingkat-karesidenan-kedu-intip-9-cabang-olahraga-yang-dipertandingkan?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Joko Widodo,
ministries KONI,
organizations forkopimda,
nations Indonesia, Korea Selatan,
places JAWA TENGAH,
cities Karanganyar, Kebumen,
musicclubs APRIL,