Jadi Bagian dari Jalan Trans Kalimantan, Jembatan Sepanjang 1,440 Meter Ini Jadi Salah Satu yang Terpanjang di Indonesia

  • 25 April 2024 02:17:58
  • Views: 3

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Jembatan menjadi salah satu akses darat yang menghubungkan dua wilayah atau lebih guna memudahkan aksesibilitas perjalanan.

Dalam hal ini dua wilayah yang dihubungkan ialah Tayan dengan Desa Piasak.

Letak jembatan ini tepatnya berada di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat dan menjadi salah satu tempat wisata populer.

Jembatan ini termasuk dalam bagian jalan Trans Kalimantan yang menghubungkan Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah sehingga jembatan ini dinobatkan sebagai salah satu jembatan terpanjang di Indonesia.

Adapun panjang dari jembatan ini mencapai hingga 1,440 meter dan lebar hingga 6,40 meter dengan trotoar di tiap pinggiran jalannya yang diperuntukkan bagi pejalan kaki.

Baca Juga: Perpustakaan Kecil di Bandung Dibangun Rp 11 Miliar hingga Jadi yang Pertama di Indonesia Gara-gara Hal Ini

Pembangunan jembatan Tayan ini memakan waktu yang cukup singkat yakni sekitar 5 tahun yang mana dimulai pada tahun 2011 dan selesai pada tahun 2016.

Pembangunan dilakukan selama 24 jam dengan sistem shift yang dilakukan selama 3 shift dalam sehari semalam.

Peresmian jembatan dilakukan oleh Presiden RI kala itu, Joko Widodo.

Kemudian penamaan jembatan sendiri menggunakan nama wilayah setempat yang kemudian ditambahkan dengan nama tokoh wilayah setempat sehingga nama resmi dari jembatan ini ialah jembatan Tayan Pak Kasih.

Selain itu, hingga saat ini jembatan ini menjadi salah satu tempat wisata khususnya bagi yang ingin melihat dan mengabadikan momen sunrise dan sunset.***


Sumber: https://www.ayobandung.com/umum/7912496272/jadi-bagian-dari-jalan-trans-kalimantan-jembatan-sepanjang-1440-meter-ini-jadi-salah-satu-yang-terpanjang-di-indonesia?page=all
Tokoh



Graph

Extracted

persons Joko Widodo,
nations Indonesia,
places JAWA BARAT, KALIMANTAN BARAT, KALIMANTAN TENGAH,
cities bandung,