Ajarkan Kemampuan Mengontrol Diri, Jangan Sampai Anak Kena Gaming Disorder

  • 25 April 2024 00:14:13
  • Views: 1

Anak bermain game online (ilustrasi). Pemerintah segera merampungkan peraturan presiden (perpres) tentang perlindungan anak dari game online.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kasus anak-anak kecanduan game online sudah semakin meresahkan. Di media sosial, warganet banyak yang menunjukkan perilaku ekstrem, bahkan kriminal, dari bocil yang kecanduan main gim daring.

Psikolog anak dan remaja dari Tiga Generasi, Mayang Gita Mardian, mengatakan orang yang mengembangkan perilaku ekstrem bisa jadi mengalami kecanduan gim (gaming addiction). Ini adalah istilah gangguan pada individu yang tidak mampu mengontrol perilaku dan memegaruhi hidup mereka dari berbagai aspek.

Seseorang yang kerap memprioritaskan bermain gim daripada melakukan kegiatan positif lain dapat mengembangkan gangguan perilaku yang dinamakan gaming disorder. Riset menunjukan dari sebagian besar populasi pengguna digital, proporsi orang yang benar-benar mengembangkan gaming disorder masih sedikit.

"Tapi tentu harapannya jangan sampai ke situ, sehingga orang tua perlu benar-benar waspada," kata Mayang, Rabu (24/4/2024).

Pada dasarnya, menurut Mayang, bermain game termasuk dalam kegiatan screen time. Hal tersebut bisa terasa menyenangkan karena mengajak pengguna untuk terlibat.


Sumber: https://ameera.republika.co.id/berita/scgigq414/ajarkan-kemampuan-mengontrol-diri-jangan-sampai-anak-kena-gaming-disorder
Tokoh



Graph

Extracted

persons Mayang,
places DKI Jakarta,